20 December 2008

MORE THAN WORDS...!


BII (Berbagi Itu Indah) berbagi pa'an coba..? Lha wong namanya saja di jagat maya, berbaginya tentu agak beda dengan di jagat nyata..walo pun kadang ada yang sama juga ding!

Yang jelas berbagi informasi, itu pasti... hampir semua blog yang ada menyediakan informasi, dari yang sederhana berupa joke, guneman, keluh kesah, catatan harian pribadi, sampai yang berat bobotnya berupa berita politik, jurnal teknologi, tip dan trik... dan lain lain. Sudah cukup sampai di situ? Not yet..!! Ternyata belum cukup sodara-sodara.. Contohnya begini, coba sampeyan (sebagai sesama tukang ngeblog) mosting suatu tulisan..., tyus setelah berhasil mejeng di blog apa yang sampeyan harapkan..?

Pasti semua setuju kalo saya katakan "PINGIN TULISAN KITA DIBACA", betuuul tidaaaak..?

Sudah..? He..he.. trenyata belom juga..! Tyus butuh apaan lagi..?? Hampir semua blogger ingin tulisannya di tanggapi, dikomentari....

Komentar dan tanggapan dalam dunia perblogan memiliki arti tersendiri. Bukan cuma berperan sebagai alat untuk menyatakan reaksi semata... komentar ternyata bisa berarti sebuah pengakuan. Bukan sebatas pengakuan terhadap materi postingan doang!... More Than Words ! Ketika anda berkomentar di postingan seseorang berarti anda tengah meyatakan pengakuan anda terhadap legitimasi pemilik dan blognya.

Komentar apapun (kecuali blaming, flaming serta ungkapan tidak senonoh yang cenderung melecehkan), akan mendatangkan rasa senang... merasa di akui... merasa di hargai... diperhatikan, dan itu sama saja dengan memberi semangat, dukungan dan support terhadap empunya tulisan untuk berkarya dan menulis lebih aktif dan lebih kreatif.

Sejujurnya posisi kita (para blogger) adalah sama ... saat ANDA berkunjung dan membaca blog orang lain .. sadarilah bahwa "ANDA ADALAH ORANG YANG DIHARAPKAN MEMBERI KOMENTAR" oleh si empunya blog/tulisan. Sebaliknya ketika anda tengah menulis, mengedit, menghias blog.... memandangi blog sendiri, mencari ide dan inspirasi atau ....mau ku apain blog ini?  Saat itulah anda mejadi "ORANG YANG BERHARAP ADA ORANG YANG MEMBACA TULISAN ANDA DAN MAU SEKEDAR BERBAGI KOMENTAR". 

Yang memberi pengaruh terciptanya status blog unggulan dengan ranking pada posisi utama, atau istilahnya blog selebrity dengan trafik kunjungan yang melimpah adalah juga melimpahnya komentar (andil ) para pengunjung lainnya. Saya pribadi berandai-andai,... seandainya saja di Indonesia ini para blogger bersatu saling berbagi komentar dan informasi dengan ikhlas satu sama lain... pasti dunia blogging di Indonesia sangat maju dan bergengsi di mata web user di seluruh dunia. Gak usah muluk-muluklah ..untuk sekedar berbagi komentar saja harus masuk jadi komunitas atau forum tertentu, umpamanya. Simpel saja ...setiap masuk ke blog orang lain pastikan anda meninggalkan komentar (umpamanya lagi).. usahakan tidak cuma ninggalin jejak di shoutbox saja.

Tyus, apakah yang diberi komentar cukup diam berpuas dan bersenang hati sendiri...? Wah gak buleh begitu..., sempatkanlah untuk membalas penghargaan orang lain dengan memberi mereka penghargaan yang sama... beri komentar terhadap tulisan orang-orang yang telah memberi anda komentar... ( kecuali blog dia tidak memberi ijin untuk di komentari). Jalin lagi komunikasi baru dengan memberi komentar kepada yang lain.. even for the newbies kayak saya he..he.. Karena komentar dan tanggapan dari para seniorlah kami yang newbie-newbie ini semakin semangat untuk berkreasi dan memberi andil pada dunia perblogan di Indonesia. Saya jadi ingat bapak Wakil Walikota Batam .. Bpk . Ria Saptarika yang rela mengunjungi blog saya ini, setelah saya sebelumnya menyempatkan berkomentar di blog beliau. Pak Wawako Batam ini memang sangat aktif memberi dukungan terhadap dunia perblogan di Batam.  Memang bukan siapa orangnya, apa jabatannya, atau statusnya... komentar akan berarti jika di tulis dan disampaikan dengan ikhlas ... sesuai topik pembicaraan, atau kritik membangun dan disampaikan dengan suasana persahabatan.

Yakinlah ..! Setiap kita (para blogger)... "MEMBUTUHKAN DAN DIBUTUHKAN OLEH SESAMA KITA" tidak peduli apa organisasi dan asal anda.

So, LET SPREAD YOUR COMMENTS..!!

Gak usah milih-milih ... beri komentar ke semua blog yang anda temui walo hanya sebaris kalimat pada satu tulisan yang ada.. (but please jangan nyepam, tp kalo empunya blog boleh ya silahkan saja). Komentar di Shoutbox sangat praktis dan perlu... tetapi nilainya masih kalah dengan komentar di bawah postingan..em ai rait?? Coba anda bayangkan dan rasakan ... Shoutbox anda rame pengunjung, tapi postingan anda gak ada yang komentar!! Pasti anda merasakan ada yang kurang khan....? Gak ada pengakuan. Padahal anda sudah berusaha berkreasi seperti layaknya yang dilakukan para blogger senior. Kalo hal itu tengah anda alami, inilah saatnya anda untuk merubah sikap.. jangan hanya berharap dikomentari tapi malas kasih komentar! Sempatkan menulis komentar pada postingan pada setiap blog yang anda hampiri... jangan hanya ber hai-hai di shoutbox... beri sesuatu yang lebih terhadap orang lain, ciptakan jalinan perkawanan (perkawinan ?...halah malah nyasar ke kawin.!). Jangan ragu-ragu meminta kawan anda untuk berbalas komentar (jika diperlukan..). Jangan rendah diri..., masak mo komentar aja takut? Malu?.... Halah yakin saja, seperti yang saya bilang semua orang itu butuh orang lain.....

Yup.. anda sudah berusaha untuk menyebar komentar dan mengundang kawan-kawan untuk berkomentar juga...so what next? Yang jelas selanjutnya lebih giatlah berkreasi dan rajin memposting kreasi anda di blog kebanggaan anda. Jangan biarkan setiap kawan-kawan anda datang.. selalu itu-itu aja sajiannya..? Masa sih tega nyuguhin barang basi ke tamu kita? Kalo perlu suguhkan sesuatu yang memang di butuhkan pengunjung blog kita.. tengok blog-blognya para jawara blog Indonesia.

BENEFITNYA :

Dimata mesin pencari ranking blog anda meningkat, karena :

  • Trafik kunjungan ke blog anda meningkat.
  • Link anda nyebar kemana-mana. Selain secara formal bertukar link, dengan berkomentar di blog orng lain kita tuh tengah meninggalkan link dan jejak kita.

Secara moral :

  • Anda jadi terpacu untuk lebih aktif dan kreatif.
  • Semakin enjoy dan tidak sendirian karena tambah teman dimana-mana
  • Wawasan anda bertambah terus.. karena tanpa sadar kita jadi rajin membaca.
  • Mungkin masih banyak benefit lain..tapi aku lupa. he..he..

Secara Finasial (yang ini masih katanya lho... ilmuku masih belum nyampe.. maklum murid baru...)

  • Semakin tinggi ranking website atau weblog anda, semakin semakin tinggi harga jualnya ( katanya..).
  • Semakin rame trafik kunjungan ke blog anda, semakin banyak kemungkinan mendapat komisi dari adsense yang anda ikuti (masih katanya..... lha wong punyaku lho gak nambah-nambah he..he.. terkena sindrom $1 pertama !).
  • Semakin tinggi page rank blog anda ..semakin luas kesempatan mengikuti penawaran-penawaran bisnis online ( beberapa mensyaratkan Page Rank yang tinggi ..katanya.)

 

Well... cukup sampai di sini... tulisan ini sebetulnya gak lebih igauan saya saja, kalo benar dan ada manfaatnya mari kita pakai bersama, kalo anda rasa just bullshit.. yo wis tinggal wae, rak usah di percaya he..he..

 


65 komentarmu:

endar fitrianto said...

pertamax

endar fitrianto said...

komentar saya berarti diharapkan ya mas. makasih sudah mengharapkan saya soalnya jarang-jarang mas yang mengharapkan saya.

shoutbox-ku saya lepas saja apa ya?

pingin ngeblog said...

@mas endar : Pertamax mahal..!! ( ikut turun gak ya harganya? saya pakek premium jee..).

Welhah.. mesti diarep-arep nuu... kepiwe lhah sampeyan niku.. hehhe.. thx dah sudi berkoment di sini

OrangNdut said...

gambar bebeknya lucu...hehe
Yup, bener tuh. Kasih coment di blogku dunk, jangan di shoutbox doank...hehehe

pingin ngeblog said...

@OrangNdut : pasti dong tak kasih...bro, meluncur...!!

Seno said...

Pertamax nih...

Wah, luar biasa bung ini, kita sama bung he.h.e.. ingin dikomentari, sangat manusiawi he..he.. wah ulasannya mantab tenan dari segi backlink sampai moral, harusnya semua blogger baca ini he..h.e.. biar mereka mengetahui arti penting berkomentar pada blog lain.

Salam sukses bro. Keep spirit.

pingin ngeblog said...

@Seno : thx dah berkenan mampir dan crot .. kasih komentar. Sukse juga buat mas Seno

faiq said...

terimakasih dah kasih komentar bro...moga aja bermanfaat buat kita semua...
bener banget tuh bro traffic,traffic,traffic

Nyante Aza Lae said...

SANGAT spakat bro..
dq juga heran tuh.., tkadang ada bbrp org yg mrasa dirinya hebat..
kita dah bbrp kali bkunjung n meninggalkan "jejak" berupa komen (BUKAN SKEDAR SHOUT BOX), ehh..dianya malah diem aja..atau krn mrasa dah pnya PR tinggi, punya alexa bagus dll...wooww

Dq jujur bro..scr pribadi slalu berusaha tuk bkunjung n memberi komen pada setiap org yg juga berperilaku demikian..

Smg kita slalu mempunyai kepedulian tuk menanamkan sikap saling memberi n saling menerima...MAAF..saking keselnya dq berfikir..macem hebat x dia..padahal dunia blog HANYA SEKEDAR DUNIA MAYA..

pingin ngeblog said...

@bro faiq : sama-sama kita saling berbagi ya bro... indah rasanya ya bro....? trafic dapat, kawan dapat, semangat jg dapat... he.he..

@abang Nyante Aza Lae : Biasalah..bang orang kalo udah di awang2 suka lupa sama daratan..he..he.. Kek caleg-caleg kita juga... Keep spirit bang, salam buat si sulung...

suwung said...

berarti kalo kita koment di tempat lain merupakan sesuatu yang bagus bagi blog kita ya...
sayang liburan ini ngak bisa blogwalking...
dan ngak bisa njawab koment secara live... tapi postingan dah ada kok

makasih ya mas diriku sekarang bisa koment di blognya orang heebad

pingin ngeblog said...

@Bapakke Rangga aka. Soewoeng :
Halah terus ngono ki lho..., sampeyan ki lho sing ebat keliwat-liwat..aku lho lagi belajar ngelmu suwung...:D

Cebong Ipiet said...

anu om/mas blog e njenengan kok akeh eram pop up e, arep ngeklik follow ae langsung pating pechungul pop up iklane
whehehehe bosoku aneh

manah yg katanya terinspirasi? ini? kok bisa?
blog sayah adalah tempat ngerumpiiiiiiiii

pingin ngeblog said...

@mbak Cebong Ipiet :
halah iku lho mbak... alexa banner swasta dari Rank widget sing nggarahi, he..he.. mergo trauma mbek alexa banner sing asli.... mosok kabeh-2 rangking 9 (blogspot).

Tp... suer bener koq dq terinspirasi mbek pean... karena pean gak segan-segan berbagi koment..termasuk saya yg newbie ini, shg dimana-mana ada pean..., yang di ksh komen seneng, pean sendiri dapat backlink melimpah...

Ani said...

Ini nih tulisannya original banget, kereeen sampeyan bisa menguraikan isi kata hati dengan panjang lebar banget. Intinya, aku setuju dengan apa yang sampeyan uraikan. Yuk saling berbagi sapa dan komen...

FATAMORGANA said...

betul! makanya jangan bosan ya mampir di blog aku dan kasih koment. he he he....

pingin ngeblog said...

@mbak Ani : Saya hanya mengungkapkan persaan seorang blogger pula ja koq mbak ..he..he...

@Fatamorgana : Sure bro.... kita jangan bosan untuk saling komentar. langsung meluncuuuuur...

tikno said...

Benar kata Anda.

pingin ngeblog said...

@pak Tikno : Makasih udah sudi mampir..

IFOEL said...

yah.. kirain juga lagunya Ekstrim "More than words" hehehe..
Nave a nice day...

belly wijaya said...

101% saya juga setuju dgn tulisan anda. dgn berbagi tidak akan membuat kita miskin :)
salam kenal ya..

time,love and tenderness said...

sukron untuk silaturrahimnya. Saling memperbaiki juga seindah saling berbag lhooo...

Seno said...

Kepriwe kabare? Wis suwe ora mampir he.h.e..

agus said...

weh.. panjang banget postingnya :)

yudi said...

komen dulu ah...
blogger ingin tulisannya dikomentari, pengunjung ingin meninggalkan jejak hehe..

Whienda said...

Sendainya semua jadi bloger sejati, kaya Abang...!
Whienda senasib tuh dengan Nyante Aza Lae..Sering dicuekin orang! Mo kasih komen tuh, mikir, lho Bang! Takut kalau dinilai komnas, komen asal-asalan, gitu. Dah payah-payah kasih komen, direspon kagak..kunjung balik kagak. Akhirnya Whienda minder deh ..anak bau kencur baru sebulan ngeblog! Oh, Nasib!

MITRA said...

ayo sama-sama saling memberi benefit yang erkunjung dan yang dikunjungi pasti semua ingin untung,

pingin ngeblog said...

@ IFOEL = Suka ya sama Extreme..?? enak lagunya..

@ belly wijaya = met kenal juga... yup rasanya jadi tambah kaya deh.. kalo kita spread komen...

@ time,love and tenderness = setuju mbak semua yg menuju kebaikan.. trims dah kasih komen.

@ Kang Seno = halah nyong tuli rajin lah..sambang nggone rika he..he...

@ agus = biar maksudnya tersampaikan he..he..

@ yudi = yup betul bli... semua saling membutuhkan.

@ Whienda = Halah nyante aja Whien.... penting komen kita nyangkut dikit ke postingan.. kamu bisa koq..he..he..

@ MITRA = mari mas sama-sama saling berbagi.

Digital Baca : said...

Ah ...bingung mau komentar apa,
yang jelas mantabs, walaupun pontingnya panjang, tapi menarik untuk membacanya sampaituntas karena bahasanya membuat penasaran.

dede said...

wah pinter rika oleh gawe postingan ya? tapi bener seh, lewih apik ngomeng dari pada cuma di shout box, komeng bisa dapet back link ya? inyong follow blog rikaya?

david said...

keren....semangat terus y!!!

Seno said...

Rika siki manggone neng endi?. Inyong sekang Purbalingga kiye. Tapi siki agi neng Tangerang, agi golet receh he.h.e..

Kristina Dian Safitry said...

iya deh iya,saya juga lagi belajar ngasih komentar nih*gubrak!*he..he..

Wiwin said...

pengin sih berbagi komentar ke banyak blog.. tapi kalo udah manteng di depan kompi lama2 capek juga hehehe.. anyway senang banget loh kalo ada yg ngasih komen di blog kita meskipun sepatah kata doang :-)

dede said...

mampir di pagi yang cerah...pa kabar dunia?

priwe kabare rika kang?

tyas said...

mau komen apa yaaa..?
yg penting komen deh..
semangat n sukses ya..!!

gdenarayana said...

@Tyas: dari dulu mbakeee ini emang nyleneh komenknya...xixixi...mknya semua jadi sayang...wekekek...GR dah orangnya...xixixi

saya nitip komenk di postingan yg bagus ini kang :), menyempatkan diri juga disini untuk berkomenk ria, misalnya kalau belum sempet bales jgn mayah :D

sebisa mungkin pasti dibales ;)

sukses kang :)

supir truck said...

bener mas, semua orang mengharapakan komentar :)
kok nggak ada yang komentar di blog saya ya?

lian said...

slamat sore sobat

Atca said...

Setujuuuuuuu
he..he..pokoknya setuju aja deh..ngeblog kan juga untuk silaturahmi..mencari temen sebanyak-banyaknya di dunia maya....mangkanya jangan bosen mampir keblogku kasih koment jyga he..he..

gloria said...

jadi nambah nih ilmu gw. Tx bgt y

My Journey said...

kalo saya sebisa mungkin berbagi komentar, kalo memang saya ngerti dan mudeng dng postingan itu. Sebisa mungkin saya juga membalas blogger yang udah berkomentar di postingan saya. Saya penginnya menjalin silaturahmi bukan di cap sebagai blogger yang sombong aduuhhh... jgn sampe deh.... Makasih ya udah berkunjung ke blog saya... Maap kalo lama jwb hehe... lagi agak meriang tp skrg alhamdulillah udah enak :)

Madhysta said...

saya sama dengan My Journey.... kalo memang saya ngerti dan mudeng dng postingan itu..... dan ini saya mudeng manget... tapi kenapa baru nemu sekaraaang... hehehehe

mama hilda said...

saya semuanya tergantung postingannya mas, kalo memang nyambung ya saya komentari, tapi kalo dibaca berulang-ulang juga ngga nyambung khan komentar kita terkesan hanya nyepamin orang aja...
anyway, memang dari juga salah satu usaha untuk mendapatkan trafik..tapi ngga hanya lewat koment lho link building itu, ada juga cara lain misalnya lewat jaringan sosial networking kaya fesbuk dan sebangsanya lah..
thanks ya for coming...salam kenal dan salam hangat dari negeri nuklir

ichaawe said...

wedew..kalo asal komen mah..nnt yg pnuya blog malah sebel dooong.
sering tuh komen nya ga nyambung bgt sama isi postingannya...yah aneeh toooh

Meidy said...

Bener, setiap kita posting pasti pengen diberi komen, apalg klo komennya bs memberi manfaat buat kita (emang ada yg ga bermanfaat ya? hehehe..). Cuma ada yg sering salah, masa komen di SB? cape deehh..

Meidy said...

Betul, smua orang tulisannya pasti pengen dikasih komen. Apalagi klo komennya bisa memberi arti (emang ada komen yg ga memberi arti ya? hehehe..). Kdg ada yg salah tuh, masa komen di SB? cape deehh..

Seno said...

Setuju lagi akh, pokoknya beri komentar ya, jangan cuma lewat shoutbox... gimana kabar hari ini?

JelajahiDuniaEly said...

berkunjung nih n sekalian juga berkomentar ^_^

Anton said...

Wah setuju banget dengan artikel anda, apapun alasannya coment dari para visitor adalah sangat penting dan berharga sebagai apresiasi postingan kita...terimakasih

Yudhi Gejali, dr. said...

Halo aloha...
Yup benar.

Sangat puas rasanya kalau blog kita dibaca dan dikomentari. Apalagi sampai berdiskusi dan bertukar pikiran.

Thanks dan berkunjung dan komentar di blog saya, sudah saya tanggapi, silakan dilihat.

Regards,

jmw said...

Sambil ngopi baca2 dimari.. belajar & berkarya..

Kahono said...

Artikel mantabs.. salam kenal Mas, makasih dah mampir. Kalau smua blogger baca nii bisa cepet maju perbloggeran Indo, apalagi newbie kayak saya. Thx

fafa said...

semoga akses internet juga makin murah & makin cepet, jd kegiatan komen-mengkomen tambah lancar..

joe said...

Kayak lagunya Extreme...

Retrira said...

setujuuuu!!!!

bu nurul said...

Assalamu'alaikum Wr Wb
Maaf, saya salah satu yang suka baca-baca blog tapi tidak selalu meninggalkan jejak/komen. Karena tujuan saya membaca adalah belajar memahami blog (duh dah nenek2 kok masih ngelaba aja di dunia maya. Jadi ada yang saya tinggalkan komen bila saya faham apa maksud dari isinya dan ada yang tidak diberikan komen karena ilmunya terlalu tinggi untuk saya sehingga gak berani tuk komen atau tidak faham dengan maksud dari tulisan.
Mohon maaf bila saya suka baca2 tanpa ijin juga tanpa komen. Juga trimakasih sedikit banyak telah mengambil ilmu dari para bloger.
Wassalamu'alaikum Wr Wb

achmad noor hardiansyah said...

belajar...belajar..belajar...
saya masih perlu banyak belajar neh mas.

deden said...

Ya ini saya ikut nyumbang komen ... setelah baca-baca juga tadi.

pingin ngeblog said...

hahahaha Suwun kang attensinya.....

rudis said...

berteman diblog memang enak apalagi kalau mau saling komentar tambah akrab, pokoknya mantab mas

suryaden said...

ancuk, aku rung komen to...

Pradna said...

ancuk juga..aku yo tibake rung komen

tp bener...
brapa kali sharing sama temen yg baru mo ngeblog...banyak yang dari mereka malu kl blog-nya dibaca orang lain.

Tp,
tidak dikomentari = sepi
sepi = jd cepet bosen
trus ujung2nya baru 2-3 posting, dah ditinggal itu blognya

Tulisan keren...kapan2 bakal aku jadikan referensi

muach said...


terimakasih banyak atas infonya

nurul said...


makasih gan atas informasinya semoga bermanfaat buat kita semua

Post a Comment

Yuk jadikan komentar sbg sarana untuk saling menyapa.