06 December 2008

Listening Bikin Stres

Tiap Kali Bossku yang bule udik (mungkin dari Inggris pedalaman) itu ngomong, aku cuma bisa ndomblong doang. Busyet.. ngomong pa'an Bule tuek ini? Begitu asing logatnya...( halah emang gak mudeng ding ! ). Waktu itu kelemahan paling bikin gemes aku emang listening... kalo cuma baca, dikit2 mudeng laah.. apalagi nyanding kamus... Lha ini disuruh langsung ndengerin Bule ngedumel.. susyah banget kupingku menangkap maksudnya.

Akhirnya atas saran temen telingaku kudu dipaksain untuk mendengar orang ngomong Inggris. Caranya.. kalo lihat film di tivi umpamanya, gak buleh mbaca terjemahannya...!!
Pertama semangat banget saya nyobain..., walhasil aku malah strees jadinya...! Dasar kuping ndeso....! hi..hi..
Kenapa juga di kantorku banyak expatriat yg egois... lho koq egois? Lha iya dong...! Orang mereka kerja di wilayah NKRI mestinya mereka yang belajar ngomong dalam Bahasa Indonesia..! Tul ndak?

Kadang juga nyesel ..kenapa dolo setiap pelajaran bahsa Inggris aku selalu didera kantuk dng sadisnya.! Kenapa juga paling jengkel kalo di suruh bapakku ambil kursus Inggris....?

Terakhir aku dapat trik jitu.. untuk ngajarin kuping "ndesoku" ini mengenal dan menangkap kosa kata Inggris yang loncat dari mulut bule-bule itu.
Maksudnya, biar telingaku itu mudeng kalo ada terdengar kata "aem" itu maksudnya "I'm", trus kalo dengar kata "A" itu maksudnya "are", dll. Dibantu oom Gugel..akhirnya aku dapat bahan ajar untuk melatih telingaku... yaitu berupa file audio berisi Conversation yang dilengkapi dengan file pdf yang berisi materi conversation tsb.
Lucu..! ketika mendengarkan bule ngomong dalam percakapan itu dan ku simak tulisannya (sudah ku print biar gampang) awalnya aku selalu kehilangan jejak! he..he.. Sampai mana bule-bule itu bercakap-cakap...?? Akhirnya ku ulang-ulang sampai bosan sendiri.
Aneh bin ajaib, lama-lama koq telinga saya mulai sigap (sedikit..) nangkap maksud omongan-omongan itu. Yang bikin kaget lagi.. tanpa sengaja pas nengokin pilem di TV yg tanpa terjemahan, aku koq jadi sedikit (tetap masih sedikit) bisa nangkap maksud pembicaraannya..

Oya kalo kalian ada yang pingin silahkan download filenya disini
besarnya kira-kira : 18 mb.

12 komentarmu:

Citra Pandiangan said...

ya sudah gampang tuh jurusnya. Ngak usah di dengerin aja hehe --just kidding--

pingin ngeblog said...

@Citra : Telingamu pasti dah pandai ya Cit..he..he.. Telingaku ini lho masih lemot banget nangkap ewes-ewesnya orang bule..he..he.

Pauls said...

belum nyambung gw.serius....


salam

mencobahidup said...

mungkin dalam hati si bule itu berkata: "kenapa nih orang setiap aku ngomong kok cuma merem melek?!"

Tony said...

bos ga profesional :D

Retrira said...

boss aku juga dari UK..ngomongnya juga kumur2..tapi sekarang udah biasa sih mendengar kumuran mereka...wakakaka.....

pingin ngeblog said...

@Pauls
"ntar kita sambung bareng om.. he.he.."
@mencobahidup
"gaklah ..aku pura-pura tahu koq...stel yakin..padahal puyeng ekekeke.."
@Tony
"bener bos... mestinya mereka yg belajar bahasa kita"
@Retrira
aku masih mencoba tuk ngerti.. he..he..he..

Post Beasiswa said...

ya sama..aku jg kadang ribet sendiri klo lg listening,aku paling suka membaca dlm bahasa inggris..tp klo pengen lancar hrs dipelajari jg listening,reading,writing dan jg tata bahasanya(grammar).klo aku sie suka baca komik2 yg berbahsa inggris n film anime yg teks english jd hoby sambil belajar jg,,hehehe..kita sama2 belajar nie.sukses

pingin ngeblog said...

@Post Beasiswa
Setuju bro.. banyak yg bisa kita jadikan sebagai bahan ajar...asal mau aja pokoknya .

Riema Ziezie said...

tipsnya OK jg mas bisa ditiru

endar fitrianto said...

tips yang menarik mas.
saya juga susah banget untuk bisa bahasa inggris, apalagi kalau disuruh ngomong sama nulis, grammarnya bilin pusing
langsung download

Easy Mafia said...

Menjelajah postingan lama :) mo download video bahasa inggris buat belajar he.h.e.

Post a Comment

Yuk jadikan komentar sbg sarana untuk saling menyapa.