03 December 2008

jika seorang Newbie Bikin Website

Namanya juga newbie yang lagi belajar bikin website, tentunya kalo bisa yang gak banyak keluar uang dong.. he..he..he.. Kalo tar udah bisa ngasilin duit dari website atau internet bulehlah beli service Domain dan Hosting yang berbayar.

Maksud saya tuh gini lho.. setelah kita belajar, contonya bikin Website pakai apa saja secara lokal (gak online), kemudian pasti kita pingin hasil dari belajar kita itu dipajang di dunia maya (online) tho..? Kita bisa bikin website pake apasaja ...dari yang sederhana, statis sampai yang lengkap dan dinamis.

Contonya gak usah repot2 pake dreamweaver kalo cuma mau bikin web cantik yang sederhana dan cuma berisi berita/artikel atau sekedar pengumuman .. kita bisa bikin pakai templatenya MS Publisher umpamanya. Bisa juga pakai program CMS (binatang apalagi ini?). CMS itu kependekan dari Content Management System... yaitu sebuah program untuk mengelola Website yang instant (gak perlu belajar script HTML dolo..kalo udah bisa lebih bagus..)

Barusan nyoba ngedaftar Domain gratisan dan hosting gratisan juga... Rencananya pingin bikin Forum kecil-kecilan...tapi masih binun , forum tentang apa yah...?

Untuk Domainnya saya pake Co.cc

Bagi yang belum ngeh, seperti aku kemaren. Domain itu sebetulnya kependekan dari Domain Name, yaitu nama atau identitas yang dipakai untuk membungkus alamat web aslinya yang sebetulnya berbentuk angka IP ( Internet Protokol ). Entah sejarahnya gimana.... tapi memang nyatanya lebih enak diingat jika alamat domain itu berbentuk huruf yang terangkai jadi sebuah kata, dari pada berupa deretan angka-angka IP. Nah dengan nama dan/atau angka -angka IP inilah alamat kamu di internet bisa diakses oleh orang lain (sebetulnya juga oleh angka-angka IP yang lain...he..he..). Nama 2 ini disediakan oleh penyedia-penyedia layanan Domain Name, biasanya gabung dengan penyedia layanan hosting (satu paket).  

Terus untuk Hostingnya saya pake yang gretongan di 000webhost.com

Free cPanel Web Hosting with PHP5/Mysql - nggak pake iklan loh.

Kalo tertarik silahkan Register sekarang : klik di sini 
Mereka menawarkan paket free web hosting yang dilengkapi dengan feature-feature untuk sebuah  hosting & anda bisa membangun website professional yang dinamis sekalipun. Keamanan juga dijaga selayaknya hosting berbayar lainnya.
Paket gratisan yang ditawarkannya diantaranya sebagai beikut :
- 1500 MB of Disk Space, 100 GB Bandwidth
- Bisa redirect ke domain anda sendiri (http://www.yourdomain.com)
- cPanel Powered Hosting yang sangat menyenangkan seperti berbayar aja.
- Disediakan lebih dari 500 website templates yang siap untuk didownload
- Ada fasilitas website builder yang sangat mudah.
- Free POP3 Email Box with Webmail access
- FTP and Web based File Manager
- PHP, MySQL, Perl, CGI, Ruby.
- And many more..
Mau coba ? silahkan klik di sini :  www.000webhost.com


***Bagaimana pun yang namanya gratisan pasti ada kelemahannya, tulisan ini seperti di awal-awal tulisan sebut hanya untuk latihan bagi newbie. Jika untuk website yang benar-benar profesional, saran saya pakailah hosting server yang berbayar. Karena Hosting Server yang berbayar lebih bisa di andalkan.


Kalo untuk sekedar personal web... we don't we use free blog service..? Halah balik lagi ke habibat dong.. he..he..

10 komentarmu:

Pauls said...

boleh tuh, infonya, tp gw belum paham html, ma php dan SQL-nya ajarin dunk...heheh


salam kenal broo

minta linknya boleh ga?

dwilovaniez said...

wah mantap infonya! makasih pak! saya akan coba!

pingin ngeblog said...

@Pauls
"Halah juragan ini suka merendah..he..he..,pake aja yg instant. CMS Joomla atau wordpress yang terdpt di menu Fantastico"

@dwilovaniez
"Silahkeun mas, sapa tau bermanfaat"

mencobahidup said...

wah ini sih kayaknya bukan untuk netter pemula.Tapi pengen juga sih ngerti gak cuma pake doang dan gak tahu jeroan.Salam kenal mas

Cebong Ipiet said...

tingkiyu sudah mampir, hemmmm, website yak, prnh ngintip dreamweaver bentar, tpi cuman bntr abis gitu ngelirik wafer *halah*
ngelirik joomla jg cuman luarnya doang g sempet ngintip jeroannya
akhirnya terdampar lah di blog yg gratisan

Dh1k4 said...

kalo aku dulu pernah njajal ake katanya temenku sih puenake puooolll...

pingin ngeblog said...

@mencoba hidup : Asli sob, saya cuma ikut-ikutan aja ..he..he.. pinginnya sih bisa.. penting nyoba dolo khan..?

@Cebong Ipiet : he..he.. matur tengkyu juga dah.. emang enak makan wafer atau lemper mbak...drpd makan dreamweaver he..he..

@Dh1k4 : Iya sih enak ( puol..!!)cuma buat sekedar untuk pembelajaran..., tetap ada kekurangannya koq..namanya juga gratis.

endar fitrianto said...

inyong durung bisa kaya kuwe.
diajari siy ngapa!!!!!!

ANDRY PURWANTO said...

Ok deh Link saya www.punyaandry.blogspot.com
silakan kunjungi.

Seno said...

he..he.. saya juga udah daftar di kedua free domain tersebut di atas, tapi g saya pake, soalnya ternyata alexa and pr-nya g masuk ke blog kita tapi masuk ke mereka hiks..hiks

Post a Comment

Yuk jadikan komentar sbg sarana untuk saling menyapa.