02 December 2008

Bayar Pajak Motor? Gampang!


Anjuran dari Cinta Laura

Beberapa hari yang lalu inbox saya kemasukan email dari mailing list tetangga sebelah. Contentnya mengenai tips saat mbayar pajak Kendaraan Bermotor. Kebetulan yang nulis orang Batam, jadi yang diceritain ya Samsat Batam,.
Karena saya pikir sangat bermanfaat untuk semua, maka siapapun penulisnya – saya mohon ijin untuk copas di Blog saya ini. Semoga tidak keberatan…amien.


• Membantu orang seperti saya ini agar ngeh dengan tata cara membayar Pajak Kendaraan Bermotor sendiri.
• Memangkas jalur percaloan di Samsat. Lahan subur tumbuhnya KKN.
• Meningkatkan Kesadaran Masyarakat kita untuk bayar pajak. Ternyata bayar sendiri gampang koq.


Untuk daerah lain kayaknya nggak beda-beda jauh laah….. Kalo beda jauh berarti ada yang gak rebes itu. He..he..he..



Bayar Pajak Motor tahunan di SAMSAT Batam sebenarnya gampang, tidak perlu pake calo. Namun, bagi yg baru kali pertama mengurus akan dibuat pusing.

Berikut ini caranya :

Sebelum memutuskan berangkat ke SAMSAT, siapkan dulu berkas-2 dan perlengkapannya:
* BPKB asli + fotokopi
* STNK asli + fotokopi
* KTP asli + fotokopi
* Uang sejumlah kurang lebih yg tertera dipajak tahun sebelumnya + Rp5.000,-
* Camilan, minuman, kipas, koran dll untuk penghilang kejenuhan.
Setelah siap berangkatlah ke SAMSAT, makin pagi makin baik untuk menghindari antrian panjang.
Sesampainya di SAMSAT, parkir motor Anda di tempat parkir, bukan di area cek fisik dan jangan lupa menguncinya. Lalu menuju kios fotokopi untuk beli map (R2) Rp5.000,- kemudian minta formulir pembayaran pajak (gratis). Ingat, pembayaran pajak motor tahunan tidak memerlukan kelengkapan cek fisik.

Isilah formulir tadi sesuai data yg ada, lihat STNK atau BPKB. Setelah selesai segera masuk ruang pembayaran melewati pintu "MASUK" dan segera hubungi petugas lobi untuk mendapatkan nomor antri pendaftaran. Petugas akan membantu memeriksa kelengkapan berkas. Jangan sungkan bertanya apakah berkas Anda sudah lengkap atau belum jika mereka tidak berkata apa-2.

Setelah nomor antri pendaftaran diberikan, santai saja, tunggu petugas pendaftaran memanggil nomor antri Anda.

Begitu nomor antri pendaftaran dipanggil segeralah menuju loket pendaftaran, jangan lupa menyiapkan berkas-2 asli. Petugas akan memeriksa kelengkapan berkas lalu memberi Anda nomor urut pembayaran. Nomor ini boleh jadi berbeda dg nomor sebelumnya. Silahkan menuggu.

Begitu nomor urut pembayaran Anda dipanggil, segeralah meuju loket pembayaran 1,2 atau 3 sesuai dg panggilan. Jangan lupa menyiapkan uang pembayaran. Petugas akan memberikan salinan bukti pembayaran pajak.

Setelah pembayaran selesai, Anda harus menunggu lagi untuk menggambil STNK dan bukti pembayaran pajak. Segeralah menuju loket 4 bila nomor Anda dipanggil. Tersenyum dan pulanglah, jangan lupa bawa motor Anda jangan meninggalkannya di sana.

Berikut ringkasannya:

01. Beli Map
02. Ambil formulir
03. Isi formulir
04. Ambil nomor antri pendaftaran
05. Menunggu
06. Pendaftaran
07. Menunggu
08. Pembayaran
09. Menunggu
10. Ambil STNK

Hal yang paling sering terjadi adalah para pembayar pajak tahunan melakukan cek fisik yg sebenarnya tidak perlu. Selain tidak perlu, petugas juga meminta retribusi (atau apalah namanya) sebesar Rp20.000,-. Sayangkan kita keluarkan uang percuma, mending untuk sedekah pd fakir miskin.

Sebagai masukan bagi pihak yg berwenang:

1. Urutan pembayaran pajak, bukan proses berkas, hendaknya ditampilkan dg jelas.
2. Nyalakan AC diruang tunggu yg tertutup itu, tidak hanya untuk petugas yg di dalam saja.
3. Pastikan ketersediaan air minum

Semoga bermanfaat. Saya pikir di daerah lain pun secara teknis paling beda-beda dikitlah.

11 komentarmu:

Anonymous said...

thanks brooo

ciwir said...

aku nggak pernah mbayar pajek motor
soale dudu motor ku
hehehee

fikz said...

ada yang butuh calo ga..he he

Belajar Ngeblog said...

Mantap. Trims infonya.

kamal said...

makasih infonya,soalnya besok sy harus bayar pajak ni...pertama soalnya jd msh agak bngung.thanks ya...oh ya kl BPKB msh di leasing bagaimana

heri said...

boz bayar pajak bukan di tempat asal bisa gak

Pajak said...

boleh uuga nih bacaannya,
gak rugi udah mampir bwt baca

Pak Pulisi said...

Tips bagi pembayar pajak :
1. Usahakan jangan fotokopi berkas di tempat fotokopi dlm lingkungan samsat (mahal bro : )
2. Gunakan uang pas, kadang 'pulisi' di SAMSAT bikin illfil pembayar pajak
3. 'Customer adalah Raja' tidak berlaku di SAMSAT (jgn harap mendapat senyum ramah dari pulisi/petugas SAMSAT)
4. Jangan terlalu 'vokal' ato sok idealis/kritis di 'kandang buaya', meskipun anda tahu ada pungli di dlm kantor, mengalah saja, biar urusan cepet beres..

mhusein said...

makasih banget infonya... besok senin ane mau bayar pajak motor, ya.. ceritanya sih mau jadi warga yang baik gitu looh... doain ya biar lancar bro....

Agus - Sales Executive said...

ciamik info..soal nya besok aku mau bayar pajak motor q. Tq info nya gan....
sangat membantu..

pramono said...

Kalau KTP beda dengan Plat Nomor Polisi gimana carane mas bro

Post a Comment

Yuk jadikan komentar sbg sarana untuk saling menyapa.