27 March 2009

Apapun Partainya……..


Masih ingat dulu setiap aku demam.. selalu dibilang oleh nenekku “Putuku arep mundhak akale” ( Cucuku mau pintar ). Dalam anggapan masyarakat dulu , jika seorang anak kecil demam berarti sedang mengalami proses berkembangnya daya pikir dan nalarnya…. Sangat gak nyambung dengan keilmuan yang berlaku… kalopun ternyata ada korelasinya.. saya pribadi gak tahu lewat jalur mana path-pathnya terhubung.

Gesekan-gesekan politis sudah mulai terasa memanaskan suhu iklim kehidupan berbangsa dan bernegara di seluruh penjuru NKRI. Pemilu adalah hajatan Demokrasi yang berpotensi men”demam”kan Negara ini, semoga “demam”nya gak berlanjut dan bisa mendewasakan dan kehidupan berdemokrasi dan bernegara.

“Cucuku mau pintar” adalah sarat dengan sugesti… tidak pernah terpikir bahwa demamnya bisa jadi karena infeksi dibagian organ dalam atau mungkin karena serangan virus tertentu.
Orang bodoh seperti nenek saya pun ternyata pandai mensugesti cucu-cucunya ketika “demam” agar tidak berlanjut menjadi penyakit yang gawat.
“Nenek mau potong ayam tapi cucu harus sembuh demamnya yaa..?” Biasanya aku pasti mengangguk riang …hahahaha dan herannya besoknya ketika ayam sudah tersaji di meja makan, demamku sudah hilang hahahaha….. Nenekku hebat….!

Merindukan sosok seperti nenekku yang bisa menghibur… menentramkan … mensugesti… pada sosok negarawan kita (saat ini) ternyata gak mudah..!! Bangsa ini ternyata tengah mengalami krisis sosok Negarawan.
Kupilah-kupilih siapa ya.. orangnya yang ngopyak-opyak ngupdate postingan??
Adakah tokoh bangsa ini (saat ini) yang layak berdiri menjadi seorang negarawan yang suaranya didengar oleh semua lapisan bangsa, apapun agamanya, apapun sukunya, apapun partainya? Dia bukan sosok pemimpin.., bukan sosok kepala, bukan sosok ketua partai, namun dia sosok yang ditaati, didengar, dan ditunggu nasehatnya.. bahkan oleh seorang presiden sekalipun.

Demam sudah melanda seluruh ruang dan sudut rumah kita ini… “Bangsaku mau pintar” ah semoga tidak ada gesekan yang menimbulkan percik anarkis semprul dan memicu perpecahan di dalam rumah ini.
Semoga Pemilu mendatang ini semakin mendewasakan alam pikir bangsa Indonesia… Jangankan dalam satu Negara ..dalam lingkup terkecil “keluarga” pun kadang ada perbedaan dan gesekan-gesekan kepentingan.
Semoga Bangsaku semakin “mundhak akale” dan memahami bahwa pesan-pesan demokrasi harus dicerna dalam batas-batas kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai gedibal saya cuma bisa urun doa semoga negaraku tetap damai agar tidak menambah anggota daftar orang sakit di Asia, dan semakin menambah munculnya bajingan2 kecil gentayangan.


Apapun Partainya .. Indonesia juga Bangsanya…!!

51 komentarmu:

bagus pras said...

setuju bro....semoga bangsa kita semakin jaya

suryaden said...

memang begitulah adanya, tidak ada yang smooth pasti harus ada gesekan yang bikin anget, bukan gesekan yang itu lho.. hahaha

endar fitrianto said...

sugestinya nenek bagus ya. sama kayak romi rafael bisa menghipnotis nggak jadi sakit

J O N K said...

yuph bener banget mas, apapun partainya kita tetap satu bangsa. buat apa-apa gontok-gontokkan :)

rampadan said...

hehehe
aneh banget nenek sampeyan mas???
lucu..
biasanya kalau demam kan banyak ibu ibu yang ngomel "makanya jangan hujan hujanan" atau apalah gitu..
keliatannya nenek sampeyan baik banget..

gdenarayana said...

komene kang suryaden ntuh uedan tenan, ketawa terus aku baca2 komennya ditempat laen jugak...wakakak

halahhh kang, ndak usah muluk - muluk ehh, jangankan presiden, caleg aja mana mau dengerin...xixixi khan saya mase blogger culun jee jadi mase sante aja, nah gini khan uenak ada updet post, kok ngopyak2...weleh ntuh artinya marahin yah...wakakakak

baru ngeh...wihhhh, br onlen lagi abis cari makan dan tetep ngenet pk koneksi dial-up...hahahah

yg penting pemilu aman aja siapapun yang terpilih musti tetep bertanggung jawab, jangan setelah menghamili langsung...

kaborrrrrrrrr... :D

dede said...

kalo ngomong soal gesek mengesek,..sebaiknya saya gesek intanici aja lol..

Sang Cerpenis bercerita said...

blm lama ini saya sakit. berarti saya bakal jadi makin pintar dong. halaaah..emang sekarang dah pintar ya? he he he....

sepur said...

setuju..........sekale
jangan lupa juga sumpah para pemuda
pendiri bangsa negara ini.
satu nusa, satu bangsa, satu bahasa.
semoga demam yang dirasakan sekarang benar akan membuat bangsa ini semakin pintar dan dewasa.

Remba said...

Hei bisa mampir ke blogku ga ? Please Traffik blogku mulai turun nih ! Dan tukeran link mau ga ?
kelincex.blogspot.com
maen juga yah ke blog baruku
eregat.blogspot.com

ajeng said...

Setuju mas,bangsa ini memang merindukan sosok yang benar2 bisa 'mengayomi'...

gdenarayana said...

ou gitu artinya kang...wkwkwkwkwk

disini kaya ngopak geto, artinya ya agak marah...heheheh

byme said...

kalo saya
apapun partai minumnya tetep
teh botol sosor
byme

Seno said...

Yah itu tandanya nenek kita itu selalu positive thinking ya kang. orang sakit mikirnya mo pinter he.he.., orang cekukan katanya mo tambah tinggi, orang digigit ular katanya mo ketemu jodoh.

Emang semakin panas aja suasana pemilu, semoga pemikiran nenek kita itu benar adanya.

Iya kiye sing penting nggesek intan biar mengkilap hge..he.. TKP

Herry said...

Aduh kalau sudah bicara soal gesek menggesek, saya kok jadi gimana gitu lo auw auw...
:ngacir:

Atca said...

Setuju banget,
andai semua orang punya pemikiran begitu ya...pasti ngga perlu ada kerusuhan hanya karena pemilu.

bayu nugroho said...

setau saya setiap seorang mau besar pst akan mengalami proses yang sangat hebat dulu, dan biasanya proses itu ga enak samasekali... bangsa ini pasti akan menjadi besar pada waktunya nanti...

Kristina Dian Safitry said...

semakin hari bahasa postinganya semakin mengalir tapi terarah,tepat sasaran. jadi tambah kagum nih gw,he..he..*kedamaian, tentunya dambaan kita semua*

sawali tuhusetya said...

memang sudah amat lama negeri kita ini mengalami krisis kepemimpinan, mas. mereka ndak pernah mau belajar dari pengalaman masa lalu. ndak pernah "mundak akale" tapi justru terus mengulang-ulang kesalahan yang sama. repot3X!

itempoeti said...

Ahaaa... Setuju banget...

Jangankan kenegarawanan..., kepemimpinan saja sudah langka (bahasa Banyumasan...) di negeri ini...

Tabik....

harry seenthing said...

yah begitulah indonesia...

Neng Aia said...

tidak ada gesekan, demokrasi tidak panas bung!

gdenarayana said...

apapun makanannya...ehhh partainya tetep minumnya dian sosro...halahhhhhh

kaburrrr :D

Seno said...

Iya kemarin tapi g brani deket2, soale takut longsor.

Emang koneksine ngumah priwe?

mama hilda said...

itu tandanya mungkin nenek kita lebih tepat jadi negarawan ya kang..hehehe duh ngga nyambung..udah malem jadi ngga nyambung deh..
lagi kumat bolotnya ini kang..kebanyakan liat filem fiktif nih jadi begini hehehe

bang ciwir said...

apapun partainya, harus mengutamakan kepentingan rakyat

Remba said...

Lapor mas link sudah saya add ! Mohon link baliknya ya mas !

Riema Ziezie said...

belum nih mas ...nda tahu nih lg nda mood nulis dulu...oiy utk yg baru ada di http://siveteriner.blogspot.com

Riema Ziezie said...

belum nih mas ...nda tahu nih lg nda mood nulis dulu...oiy utk yg baru ada di http://siveteriner.blogspot.com

xitalho said...

@ mas bagus pras = amien mas...
@ mas suryaden = jer basuki mowo beo ya mas...
@ mas endar = halah masak sich nenekku kayak tommy rafael heheheh
@ J O N K = yuph setuju gak ada gunannya gontok-gontokkan :)
@ rampadan = hehehe nenek saya selalu begitu mas kalo cucunya sakit
@ bli nara = halah ..apanya yg culun...?? master kaleeee...
@ dede = thanks gesekannya kang...
langsung nyamperin permata gila
@ Sang Cerpenis = gak selalunya getuu kaleee.... cuma semga emang bener elo tambah pinter gubraak...!!

xitalho said...

@ kang sepur = semoga pakde...amien

@ Remba = Ok bro...

@ mbak ajeng = Yaa mbak kita sama-sama merindukan.. entah sampai kapan?
@ byme = ih iklan banget tuuh... hehehehe...
@ Seno = orang dulu emang selalu gitu kang....sugesti melulu.
ke TKP juga kang...

@ Herry = seneng gesek-gesekan ya mas.. :kejar:
@mbak Atca = maunya begitu mbak.., kenyataannya banyak yg lupa diri..
@mas bayu nugroho Setuju mas.. sebagai prose pendewasaan
@mbak Kristina Dian Safitry = Halah mesti ngono ki lho....gubraaak..!!

xitalho said...

@ pak sawali tuhusetya = yah namanya juga orang banyak pak....
@ itempoeti = Langka bearti gak ada sama sekali yaa mas....? hehehe..
@ Kang harry seenthing = iya kang inilah Indonesia kita ....
@ Neng Aia said = maksudnya panas yang gimana ini neng..?? hehehe
@ bli Nara= hah..?? Dian Sastro tauk...!!
@ kang Seno = lagi trouble kang koneksiku
@ mama hilda = kalo saja nenekku orang pinter mam... hehehe...
@ bang ciwir = 100% setuju
@ Remba = sip bro.. udah tuh....di blogroll
@ mbak Ziezie = ayo semangat mbak... Saya udah sekalian ke http://siveteriner.blogspot.com

deden said...

Mau komen apa ya mas Xit?

Xitalho said...

@kang Deden : tuh udah komen khan? hehehe...

Andre said...

Semoga calon pemimpin kita di 2009 ini menjadi pemimpin yang mampu semakin memajukan bangsa indonesia :)

Senoaji said...

manut wae kang! sik penting migunani kanggo kawulo alit! sing kawulo gede kudu ati2 wae nek mlakune ndegek terus okeh gejeduke! (terjemahan minta yang punya blog ya!) wakakakkakakak!!

ngeplurk maneh!

Diary Pink said...

yang penting partainya bikin harga2 murah maklum ibu rumah tangga hehe... perlu harga murah...

pingin ngeblog said...

@ Andre = Semoga aja mas...amin
@ ndoro bei Senoaji = wong gede nek mlakune ndegek .. jongkongke pisan rak wis wekekeke...
***senenge nambahi kerjaan.. di translit wae nang gugel translit..hehehe..
@ Mbak Lyla = He..he..he.. logis..logis... (sambil manggut-manggut)

* Lama gak nongol nih ... sibuk ya?

marsudiyanto said...

Smoga kita termasuk golongan orang2 yg slalu "mundhak akale"

Xitalho said...

@ pak Mars = Semoga pak... Pinter berdemokrasi ternyata harus dikuasai oleh seluruh komponen bangsa ini.

Matur nuwun ..sudah mampir..

soewoeng plasu said...

mosok kalah ama pemilu?

Bawor said...

Apapun Partainya. Pulsane tetep Murah, huehehehee

Seno said...

Ha..ha.. kang bawor dodolan pulsa murah.

Priwe koneksi siki, wis beres?

galuharya said...

apapun partainya,
siapa pun yang menang,

bayaranku tetep ra mundak-mundak :(

umpomo bos ku maju dadi caleg,mesti tak coblos :)

Nyante Aza Lae said...

smg pilihan kita pd pemilu nanti
bener2 tepat!!!

sapimoto said...

Mudah-mudahan akan membawa sebuah hasil yang membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

ciwir said...

apaun partainya...
blogku kudu dilink...
:P

Seno said...

Mampir esuk-esuk, iya kang, uwis tek tuku kabeh peralatan kanggo sang baby. Mudah2an g ada yang kurang.

kerja keras adalah energi kita said...

Mampir juga ni

pulsa murah said...

thank you, nice article ....

berita bola said...

mampir ya hee

Post a Comment

Yuk jadikan komentar sbg sarana untuk saling menyapa.