03 July 2009

Sang Jenderal Bengek


Perang yang paling seru itu menyita seluruh petinggi negeri liliput yang bernama hati!! Tanpa gemerincing suara tombak… tanpa desingan peluru.. nyatanya mampu merobek tatanan hingga yang paling dasar. Face to face aku selalu berhadapan dengan desertir-desertir kecil yang nyelip di lingkar kearifan dan kebijaksanaanku sendiri. Tanpa jeda serangan halus namun dahsyat itu terus berhamburan dan beruntun. Menggelayut manja seakan tidak sembada … namun bekasnya mampu melumpuhkan seluruh akal budi.

Jika ada disiplin ilmu… apa namanya? Moral? Agama? Pekerti? Seberapa kuat pengaruhnya? Bicaralah realita saja! Setan-setan kecil itu lebih kuat ternyata.. lebih pro modernitas. Lebih familiar dengan gaya hidup glamour, kebebasan, dan unlimitted humanisme. Jika memaksakan pendapat bahwa setan-setan itu gentayangan gara-gara perut lapar, apakah yang perutnya kenyang aman dari serangannya..?? Bukan jaminan nyatanya. Lha terus harus bagaimana?? Ruang manakah yang mampu meredam nyala-nyala kecil itu agar tidak menjadi pembakar yang nyata?

Topo ngrame..!
Kenalilah dirimu … ada sang jenderal yang tersisih. Jika kita arif bijaksana tengoklah dia. Dialah satrio piningit yang sebenarnya… yang bersembunyi di kehalusan dan kebenaran hakiki. Jenderal wingking yang bengek dan selalu tertindas.. jamus Kalimosodho yang digenggamnya sering (bahkan kebanyakan) tidak terhunus. Jamus yang kemilau itu sekarang karatan ..!! Suaranya hanya keras di makna saja… setan-setan disertir itu bahkan tidak pernah menggubrisnya. Bweeh…!! Tatanan ini sudah terbalik-balik .. mengingkari kodrat penciptaan.

Sang jenderalpun lunglai duduk dipojokkan ruang sidang melihat tingkah polah prajurit-prajurit kecilnya jingkrat-jingkrak mempermainkan tongkat komandonya yang kian rapuh. Sementara pertanggungjawaban itu beringsut mendekatinya... dari waktu ke waktu.

** Topo Ngrame = Bertapa di keramaian. menahan nafsu dalam kehidupan sehari-hari.
** wingking = belakang
( Essay ringan disela-sela kesibukan ... Mohon maaf jika belum sempat membalas kunjungan anda.)

66 komentarmu:

omagus said...

sebelum baca komen dulu ...
seperti halnya cuci tangan sebelum makan... :D

omagus said...

mungkin sudah waktunya sang jendral di ganti...
biarkan yang muda-muda berkreasi...

ciwir said...

jendral bengek apane tetek bengek?

wewarna said...

oooh sedang topo ngrame to kang, makanya ndak ketemu waktu ke jogja wkwkwkwk

superaman said...

bengek kakehan emping (rofl)

endar said...

waduh kang.. yen moco postingane sampeyan akhir2 iki kudu mikir aku. jan apik tenan kang.

Pradna said...

darah itu merah, jendral!

marsudiyanto said...

Kasihan bener Sang Jendral itu...

realrin said...

di panggilnya jendraal ya..
nice blog jendral...
so interested to read more..
^^

suryaden said...

semangat mas, sang jenderal sejati itu tetep hidup mulia, tiada pernah tuhan melupakannya, dia akan bangkit tetap dengan kegagahannya...., memang kondisi negeri begajul sedang porak poranda, namun itulah tanda-tanda untuk mengusik keprihatinannya...

Seno said...

Jadi ingat sama Jendral Sudirman yang tak pernah menyerah pada keadaan apapun, ada setan2 yang membuatnya bengek tapi itu tak mengubur semangatnya untuk berjuang, bahkan ketika setan kecil bernama panglima tertinggi terus menggodanya, dia tetap berada dijalur yang lurus.

Priwe kabare kang>

Linda Belle said...

hah?
keknya serius...aku baca lg ya..

Linda Belle said...

well..mnrtku sih tim suksesnya rada2 maksa n bikin bete...
lah dia sbnrnya baik2 aja kok, tim nya aja yg rese
hrsnya diganti tuuuhh...

*sbnrnya kita lg ngomongin sapa ya?*

Kuriman said...

Mungkin ini yang dinamakan jaman edan kang, seperti apa yang sudah diramalkan oleh Jayabaya pada jaman dulu...

senoaji said...

terus apa yang seharusnya jendral lakukan?

kakve-santi said...

jangan marah2...hehehe..

sabar je...

itempoeti said...

pingback-ku kok ra mlebu yooo???

Iklan Gratis said...

sudah saatnya sang jendral harus digantikan...
digantikan dengan jendral yang lebih bisa mengatur seluruh prajuritnya agar tidak menyimpang dari perintahnya...

siapakah sang jendral yang baru ???

nice post...
salam kenal :D
Stop
Dreaming Start Action

ajengkol said...

Sang Jendral tanpa bintang .. sang Jendral yang tawadhu ada nggak ya ?

Seno said...

Alhamdulillah nyong sekeluarga sehat kang, rika priwe?

nara said...

halah.. essay ringan opo ini kang?

berat euyyyy.. wkwkwkwk

jenderal kancil lebih seru :D

suwung said...

untung bukan TETEK bengek

AeArc' said...

salam kenal bos!

Kuliah Gratis said...

Posting yang berat buat tak pahami

tapi kayaknya harus ada regenerasi dech

Aden Kejawen said...

Prajurit pada gak sopan masa tongkat jendral buat mainan

galuharya said...

sok kapan-kapan tak sowan menemui jenderal


**ngakak moco komentne aden kejawen**


bwakakkakaka

KangBoed said...

Kembalilah hai MWNUSIA kedalam dirimu.. jadilah MANUSIA seutuhnya.. meliputi LAHIR & BATHIN.. hanya itu jalan satu satunya bagi kita untuk mendirikan JATI DIRI yang telah hilang sekian lamanya
Salam Sayang

KangBoed said...

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang

ifoel said...

ke org lain dulu deh untuk melanjutkan semuanyaaa...

Cebong Ipiet said...

aku moco moco komentare ah ben mudeng ixixiixixx

Bisnis Online said...

mari kita budayakan mengomentari sebelum membaca hehehe...

rozy said...

mumet juga bacanya
hehhehe
berat tulisannya

Andy MSE said...

namanya juga bengek alias pilek... hihihi

Pencerah said...

brarti satriyo [piningitnya masih bengek dong

nyegik said...

walah kalo sang jendral lagi bengek kasi asmasolon aja kang...hehehehehe

Seno said...

Weleh, saya malah baru ngeh he.h.e.. ternyata ada mesin pencari. Biarin aja lah, biar ketahuan mana yang baca bener mana yang cuma nylonong he..he..

Priwe kabare rika?

khairuddin syach said...

Kalo di dunia nyata rasanya sulit mencari jenderal spt itu sob...
Bagaimana tidak, seorang jend.haruslah sehat jasmani dan rohani, tidak boleh sakit2an, apalagi terkena penyakit bengek..hehehehe...

Gaya tulisanmu asyik, mengingatkan aku akan seseorang, Lang, namanya

fandhie said...

waduhh gaya menulis tingkat tinggi nihh
kasian jendralnya :)

Retrira said...

wakakaka, kok pake bengekkkk!!!

likewise, tulisannya berat dan dalem tapi tetep keren!

Seno said...

Iya kang, miris rasanya saya ngliat anak2 SD pada nangis tapi g digubris, huwh..

nara said...

apa khabar jenderal xitalho?

mama hilda said...

sang jenderal seharusnya jangan bertapa aja, tapi bergerak merentas waktu..memang keadaan morat marit tidak cukup dapat terselesaikan hanya dengan bertapa..
habis hiatus kang, baru mampir lagi nih..salama hangat

JAUHDIMATA said...

JENDRAL KACANG.
http://pecinta7kacang.kotangawi.com

dede said...

kabari apik, inyong kadang panggil rika ning YM, jarang online ya?

Irawan said...

Gak ngerti maksudnya... kabur....

Andy MSE said...

sedang "Pingin" ke sini...
salam

mbah sangkil said...

harusnya mata pelajaran PMP dan kebiasaan upacara bendera di hari yang berhubungan sama rasa perjuangan di adakan lagi

Fajar said...

ketika jenderal menjadi anak buah...dan anak buah menjadi jenderal...salam kenal...dari blogger pemula..

ciwir said...

jendral bengek kuwi lanang opo wadon?
ojo2 teteke yo bengek

(lmao)

Ifoell said...

met malam sobat...
lagi sibuk ya jarang update artikelnya..?? sukses ya.?

suwung said...

enaknya jadi jenderal apa setanya ya diriku?

m4stono said...

salam kenal....

satrio piningit ingkang pinandhito topo ngrame sinisihan wahyu

KangBoed said...

Salam CINTA DAMAI dan KASIH SAYANG..

Mari kita benahi dan bangun diri kita masing masing.. hingga tiba saat untuk berkumpul bersama dalam CINTA dan KASIH SAYANG

Budi Hermanto said...

Hmm..
Kayaknya perlu..
Jendral baru..
Begitu ya mas.. ;)

SCREET METODE said...

It's very nice Thanks for your share and Succeed for your life and I hope you better earn from your blog

Tks.

SECRET METODE

Jidat said...

jan... ora ndlomokk

Jidat said...

jan... ora ndlomokk

KangBoed said...

Saya mengucapkan SELAMAT menjalankan PUASA RAMADHAN.. sekaligus Mohon Maaf Lahir dan Bathin jika ada kata kata maupun omongan dan pendapat yang telah menyinggung atau melukai perasaan para sahabat dan saudaraku yang kucinta dan kusayangi.. semoga bulan puasa ini menjadi momentum yang baik dalam melangkah dan menghampiriNYA.. dan menjadikan kita manusia seutuhnya meliputi lahir dan bathin.. meraih kesadaran diri manusia utuh.. meraih Fitrah Diri dalam Jiwa Jiwa yang Tenang

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

addiehf said...

ada darah jendral dalam diriku ini (lmao)

Mengembalikan jati diri bangsa said...

waduh kemana ajah loe bro..lama ga mampir keblog ane...??

Aladien said...

Wadoooooh. . . . . .

ni sbnernya jenis crita ap ch,
aq g ngerti...hee

stiap kta'y pnuh mkna,
good. . . :)

tips beli rumah said...

inti nya pa?yang dibahas apa?kemana tujuannya gak jelas...benar" rancu.....membingungkan....

日月神教-任我行 said...

走光,色遊戲,情色自拍,kk俱樂部,好玩遊戲,免費遊戲,貼圖區,好玩遊戲區,中部人聊天室,情色視訊聊天室,聊天室ut,成人遊戲,免費成人影片,成人光碟,情色遊戲,情色a片,情色網,性愛自拍,美女寫真,亂倫,戀愛ING,免費視訊聊天,視訊聊天,成人短片,美女交友,美女遊戲,18禁,三級片,自拍,後宮電影院,85cc,免費影片,線上遊戲,色情遊戲,日本a片,美女,成人圖片區,avdvd,色情遊戲,情色貼圖,女優,偷拍,情色視訊,愛情小說,85cc成人片,成人貼圖站,成人論壇,080聊天室,080苗栗人聊天室,免費a片,視訊美女,視訊做愛,免費視訊,伊莉討論區,sogo論壇,台灣論壇,plus論壇,維克斯論壇,聊天室

berita terkini said...

mampir jendral

malphy said...

wah,keren bro web-nya,salut-salut2!!!
Thx buat Informasinya ya...
btw,boleh nanya bro?gmn cara ningkatin PR ya?bagi2 infonya ya bro.thx

yuli said...

hah ada2 saja

Post a Comment

Yuk jadikan komentar sbg sarana untuk saling menyapa.