27 April 2009

Perbedaan Itu Indah



Ebony and ivory live together in perfect harmony
Side by side on my piano keyboard, oh lord why dont we?




“Perbedaan itu indah”
Sekian tahun “dipaksa” menelan pengertian kecut itu dalam kepingan-kepingan syaraf memoriku. Nalarku berselingkuh! Dan masih saja kesulitan merestui pemahaman itu mengalir ke seluruh nadi dan mengintegral menjadi ilmu dlm jiwa… Perbedaan itu Indah… nalarku malah ngedumel..!! Kudapan keseharian kita memang menghidangkan kenyataan yang jauh berbeda, gegeran antar pelajar, huru-hara, amuk massa, bentrok aparat lawan aparat, anarkhisme… ancaman disintegrasi sampai perang antar negara semua adalah anak-anak kandung “Perbedaan”.

Masih terlentang di tengah derit tali penahan yang bersahutan. Mulai dari manakah ku harus menatah ulang… Bilakah saja ku mampu menyimak ragam perbedaan menjadi sesuatu yang indah… Harus dari tangan pemimpin yang adil dan mampu mengayomi semua perbedaan atau harus dari masing-masing pribadi yang “berkenan” belajar untuk arif menerima perbedaan… sebagai suatu anugerah yang agung….

Ego dasar manusia seakan tidak memberi ruang gerak yang cukup bagi mekarnya Perbedaan yang Indah. Basic Insting-nya gerakan kepentingan manusia mengarah pada “penyuapan” paksa azasi yang homogen. Sebuah kecenderungan. Dari hanya ingin diakui sampai keinginan untuk diikuti. Kesatuan dan penyatuan perbedaan nyatanya hanya diikat oleh seutas benang lembut “Kesadaran Berbangsa” selebihnya mewujud dalam sebuah bangunan “Tatanan Bernegara”.

Bukan “perbedaan” nya yang indah kalee….! Tetapi cara kita memandang dan kualitas penerimaan kita terhadap perbedaan itu lho!. Betul! Namun sadarilah.. penyatuan sudut pandang yang menggumpal dan memadat mempunyai ekplosifitas yang tak terkirakan. Berpotensi meluluh-lantakkan sendi-sendi keindahan dari perbedaan yang ( sementara ini ) sudah terbangun.

Samar nun di balik awan, Bhinneka Tunggal Ika bertengger membentang dari barat ke timur di tiang yang sewaktu-waktu bisa rapuh…
Siapapun yang kelak memegang estafet pemimpin … bijaksanalah menyapa perbedaan yang ada.. Adillah membelai kening keragaman rakyatmu.

Hitam… Putih… Merah… Biru… semua warna anasir pembentuk Negeri Selaksa Warna ini.

59 komentarmu:

sepur said...

pertamaaaaaaxxxxxxxxxxxxxxxxxx

pingin ngeblog said...

aku premium ajalah.... :)

sepur said...

seharusnya perbedaan dan keanaeka ragaman budaya, bahasa , adat - istiadat menjadi kekayaan bagi negeri kita tercinta. Sungguh benar sekali adanya "Bhineka Tunggal Ika " yang terdapat dalam kitab Sotasoma, bila semua unsur bangsa mampu mengejawantahkan dalam kehidupan bernegara, pasti akan tercipta harmonisasi dan ketrentaman.Semoga perbedaan tidak menjadika perpecahan diantara suku bangsa namun menjadi harta yang sangat tinggi nilainya bagi bangsa dan negara.

ciwir said...

perbedaan itu saling melengkapi.
pria dan wanita beda namun saling melengkapi...

meylya said...

berbeda-beda tetapi tetap bersatu itu baru indah mas

galuharya said...

setuju kang

perbedaan memang indah,namun mesti di sikapi dengan penuh kedewasaan. sehingga tidak timbul akan persepsi bahwa perbedaan itu menyakitkan

gdenarayana said...

pooo, sekarang postingane kang xitalho isine kaya puisi yang digabungkan nie, jadi melow geto dehh :D

saya percaya kang xitalho aja, beh klo pemimpin sih tetep busuk (antek2nya)...kekekek

Seno said...

Semua enak karena ada perbedaan ya kang.

Mama Hilda kalo bikin kuenya pake bumbu dan bahan satu macam saja, pasti g enak. Sampe-sampe aku habisin tak tinggal loyangnya doang hue..he..

Manis, Asem, Asin, Pahit, jika dipadukan oleh koki yang pintar akan menjadi masakan berkualitas tinggi yang berharga sangat mahal.

Tak ada yang bisa berdiri sendiri tanpa perbedaan. Asinan pun pake asam dan gula. Manisan pun bukan hanya gula.

Kesimpulan :

Pemimpin harus bisa memasak.

gajah_pesing said...

hidup Indonesia
Bhineka Tunggal Ika

mbah sangkil said...

pada dasarnya manusia diciptakan dengan perbedaan, agar ada sesuatu yg berbeda. Tapi sayangnya skrg ini perbedaaan dijadikan alat untuk saling membenci dan mewujudkan obsesi

Linda Belle said...

Baiklah...saya sebagai calon pemimpin akan mengamalkan uneg2 yang anda tulis :D

Perbedaan itu indah....tapi mnrtku sih di sini gak seindah yg ditulis...msh bny perbedaan yang jelek, yang selalu mengutamakan SARA dan aku tidak suka itu

Bhinneka Tunggal Ika?? apa msh diamalkan di Indonesia ini??

suryaden said...

semoga harapanmu terkabul mas, amin

perbedaan adalah berkah untuk saling berbagi dan belajar, bukan untuk di buat modal pecah belah. Namun bukan juga untuk diseragamkan, dalam hal-hal yang prinsip okelah, seperti nilai-nilai universal hak asasi manusia...

suwung said...

aku laki
mboke rangga perempuan
beda tho?
indah tuh

senoaji said...

yang peenting satu, simbol itu tidak hanya simbol belaka tapi apa yang ada dibalik simbol2 itulah kekuatan yang perlu untuk dihayati

wewarna said...

he eh stut berbeda itu indah. bayangkan kalau manusia hanya terdiri dari satu jenis, semuanya jenis xitalho, hayaaaah :D

itempoeti said...

Perbedaan itu indah sepanjang berada pada aras dialektika.

Thesis vs antithesis = sinthesis...

Seperti indahnya aneka bunga dengan aneka warna dan baunya di taman sarinya kehidupan...

annosmile said...

merdeka bro

Edo dot Com said...

yup..kalau semuanya sama.. ga asyik..
monoton malah..

mama hilda said...

nguping....hayo ono opo iki kang seno ngrasani saya..
lah kok kesimpulannya nyleneh gitu tho..hehehe.

Perbedaan itu anugrah, ibarat nge-plurk, kalau tidak bisa menyikapi perbedaan maka karma akan turun hehehe. lha kok ke plurk hehee

blogmoney said...

betul sekali kang yang berbeda itu indah....boleh dengan kata lain, kalo nikah juga harus berbeda, kalo sama nanti......????? huehehehehe apa dong artinya

Bawor said...

Rika dadi capres baen, tek contreng ping 100juta ben rika menang.

gdenarayana said...

wowwwww, mampir kerumah juragan nie :D

setop nyangkulnya kang, makan yukzzzz :D

Laston M Nainggolan said...

malah sangat indah..

Seno said...

kang nara, saya g di ajak makan hiks...

dede said...

Kiye meng endi baen wong kok, jarang nongol...wis klalen apa?

mas said...

perbedaan suatu karunia dan nikmat karena beda bisa saling perpasangan , , , nek lanang kabeh malah bingung ra ono wedone

salam kenal mas

Bunda Jihan said...

honey kadang perbedaan sering bikin berantem juga ..........

Seno said...

Iya kae, kasihan beberapa warga Banten, nyontreng malah masuk penjara hiks..s.

♥ Neng Aia ♥ said...

pelajaran PKN yah??

perbedaan ada untuk saling melengkapi..

achmad sholeh said...

Sebuah perbedaan ibarat musk simphony yang indah bila kita mampu memainkannya akan tetapi bisa menjadi bencana apabila kita tidak pandai mengelolanya

madhysta said...

naaah... untuk menyatukan perbedaan mari kita berbagi... kali ini saaya juga akan membagi sesuatu untuk kang xital.... tapi pliss ngambil sendiri di sini...

madhysta.com | Pink Flower

tukang Nggunem said...

ah..Bhineka Tunggal Ika..lama banget nggak mendengar rangkaian kata itu terlontar..apakah Indonesia masih pantas memakai untaian kata itu untuk semboyan bangsa??

gdenarayana said...

traktir...traktir...mo payment, makan2...xixixixi

ehh ntuh kang seno pengen ngikut juga...wakakakak

kapan bisa ke PORTUGAL yahhh?

UPDATEnya bOSSSSSSSSS

pembaca kecewe nie..ehhh kecowo...pan saya cowo...hohoh

grubik said...

berbeda itu fitrah manusia...

ifoell said...

karena perbedaan bukan berarti permusuhan.. perbedaan diciptakan untuk di satukan.... seperti BHINEKA TUNGGAL IKA... berbeda - beda tetapi tetap satu...

endar said...

BHINEKA TUNGGAL IKA berbeda-beda tetapi tetap satu. pelajaran PMP jaman ganu pas nyong esih SD.

sawali tuhusetya said...

perbedaan sesungguha merupakan sunatullah, mas. sayangnya, masih banyak pihak yang belum bisa menerima perbedaan, apalagi yang menyangkut nilai2 promordial. mereka yang tdk sepaham dianggap sbg musuh yang mesti disingkirkan. capek deh! man wajah multikultur yang tunggal ika itu?

Atca said...

aku juga berharap ...kalau berbeda itu indah..kenapa harus egois?

madi said...

ngutip lagunya tere
'perbedaan bukan menjadi alasan untuk dapat saling memahami'

Sumartono said...

Perbedaan memang itu indah, jika kita ingin membuatnya indah.

dede said...

Wah keren kuwe, PR re wis 3,..di dadi kena kang!

ziezie said...

pelangi Tuhan ciptakan beda warna malah disitulah indahnya...alam ini dgn aneka ragam ciptaan-Nya itulah indahnya...manusia dgn beda karakternya itulah seninya...

ziezie said...

pelangi Tuhan ciptakan beda warna malah disitulah indahnya...alam ini dgn aneka ragam ciptaan-Nya itulah indahnya...manusia dgn beda karakternya itulah seninya...

Herry said...

Sebenere perbedaan itu indah...

ceznez said...

perlu kematangan untuk menyikapi sebuah perbedaan, karena perbedaan itu di pisahkan 2 jurang :)

bunda said...

perbedaan itu anugerah dari yg Kuasa. maka sungguh aneh jika semakin hari semakin banyak terjadi kekerasan akibat tak mampu menghormati perbedaan.
Bhineka Tunggal Ika hanya sebatas simbol saja

Andy MSE said...

Jujur saja aku bingung sama Bhineka Tunggal Ika..
Tunggal dan Ika itu kan sama-sama satu to???

joe said...

perbedaan dalam dunia ini adalah sesuatu yang harus disyukuri. Karena ada yang hitam, maka ada yang kelihatan putih, karena ada yang miskin maka ada yang lebih kaya, karena ada yang jelek maka akan ada yang genteng (maksudnya yang ganteng aku..."

M. Surtep said...

mari (untuk tidak lagi sekedar belajar) menghargai perbedaan!!!!

astaga.com lifestyle on the net said...

semoga menag dan sukses ya kang
[-O<

igoblog said...

Dengan perbedaan kita bisa semakin menambah wawasan.

itthonotthon said...

Perbedaan bisa menciptakan hal yang baru, misalnya co ma ce kan beda kalau diatukan bisa munculin generasi baru... ya tho ?

wptemplate said...

Keindahan sangat berharga, dengan keindahan kita bisa saling besama.

annosmile said...

absen neng kene wae...

adam said...

Setuju ... cuma tanpa kedewasaan perbedaan merupakan awal petaka

日月神教-任我行 said...

AV,無碼,a片免費看,自拍貼圖,伊莉,微風論壇,成人聊天室,成人電影,成人文學,成人貼圖區,成人網站,一葉情貼圖片區,色情漫畫,言情小說,情色論壇,臺灣情色網,色情影片,色情,成人影城,080視訊聊天室,a片,A漫,h漫,麗的色遊戲,同志色教館,AV女優,SEX,咆哮小老鼠,85cc免費影片,正妹牆,ut聊天室,豆豆聊天室,聊天室,情色小說,aio,成人,微風成人,做愛,成人貼圖,18成人,嘟嘟成人網,aio交友愛情館,情色文學,色情小說,色情網站,情色,A片下載,嘟嘟情人色網,成人影片,成人圖片,成人文章,成人小說,成人漫畫,視訊聊天室,性愛,性感影片,正妹,聊天室,
情色論壇

Pradeep said...

Very nice blog.
Thanks for this great Information.
I like it most.Keep it up give more latest post.
Dvdrip movies

sewa mobil said...

ya bener banget tuh kita harus cintai perbedaan apapun itu

Patah Tulang said...

iya jdul artikel yang tepat ,perbedaan itu sangat indah karena disitu lah kita menyatukan perbedaanjadi satu ,

Post a Comment

Yuk jadikan komentar sbg sarana untuk saling menyapa.