23 April 2009

Boneka Cantik Dari India


“Boneka cantik dari India, boleh dilirik tak boleh dibawa……”


Perseteruan antar budaya -silently- silih berganti, saling tindih, saling sikut, baku hantam memperebutkan sepetak ruang kecil bernama “kepribadian
Sebuah relung kecil yang selalu menjadi rebutan “isme-isme” yang gentayangan di pelosok jagad. Ruangan khusus ini.. berupa kumpulan kontrol panel dan menjadi ruang komando bagi “budi pekerti”.

Budaya modern kadang-kadang tak lebih sekaleng racun dengan aroma dan rasa Strawberry. Tersaji mempesona, sementara geliatnya menyorong budaya “udik” ke pinggir lapangan, bahkan semua mata kaku dalam hipnotis lenggang lengok gemulainya si pendatang baru yang memikat tanpa sekat ini.

Sang Bathara Ismaya pun mangejawantah, menyediakan diri untuk “kamanungsan” .. simbol kerisauan ‘sang alam’ yang jengah-masam dalam kepedihan dan rasa sayang terhadap trah manungso.
“Lole…loleee…. Jagat dewo bathoro”
Sang batharapun rela menjadi seorang ki Lurah agar bisa membaur dengan momongannya….. bibirnya yang selalu tersenyum itu tak mampu menyembunyikan matanya yang menangis….

Rakyat negeri selaksa warna…. terpikirkah olehmu, “ Mengapa selalu termangu di persimpangan ide, dan selalu terjebak di pertentangan “bongkot-pucuk”…? Sedangkan di antara sudut-sudut ekstrim antara “bongkot dan "pucuk" masih ada entitas rasa-pangrasa" … ada temu pengertian…ada krenteg keseimbangan … dan ada bisik-bisik wisdom?

Kasus pelecehan seksual…. Horo..!! Salahkan “si semprul” pelakunya – yang mupengnya mendarah-daging, atau salah “si menthel” penyebabnya - yang wira-wiri pamer aurat dan buanggane pol kalo di bilang “seksi”? Belum lagi kerlingnya matanya yang memancing syahwat para laki-laki mupeng. Inikah yang di sebut “art”…??
Budaya modern curang, standar ganda…! Pada khazanah materiil dengan segala cara pengelolaannya nyatanya bisa berfikir dan berperilaku dengan pola preventif (sampai bejibun Standart International terlahir)…Hlah.. koq di wilayah moral kemanusiaan dan mental–psikis dia malah “lenggang kangkung” pakai kaca mata hitam… pura-pura buta…

Jagat dewo bathoro…..
Kita ini selalu ndak mau ketiban “Durian” tapi marah kalo baca Undang-undang yg bunyinya “Dilarang bermain di bawah pohon Durian” ujung-ujungnya malah turun ke jalan – demo.

Kartini pun pasti risih hati jika buah pikiran dan perjuangannya … salah satunya malah membuka peluang terjadinya pelecehan terhadap wanita itu sendiri…

Boneka Cantik Dari India …. memang hanyalah boneka, yang hanya boleh dilirik dan tak boleh dibawa.
Betulkah selesai sampai sebatas itu? Nyatanya tidak….. Si Boneka Cantik kadang capek sebagai etalase yng tak tersentuh dan ingin berbuat sebebas-bebasnya.. actualisasi diri. Budaya perselingkuhan…. Sex Bebas …. Simpan-menyimpan Istri muda .. Sex After Lunch ..dll sepertinya kian marak saja. Yang kadang membikin nurani berasa ditusuk-tusuk, peredaran film-film 3gp mesum swakarya.. pembuatnya adalah pelakunya sendiri yang masih berpakaian seragam sekolah!!

Jagat dewo bathoro…! Salahkah kalau Sang Bathara risau dengan nasib peradaban negeri selaksa warna… ?? Ki Lurah sadar sepenuhnya warna peradaban bangsa ini.. ditentukan oleh warna moral perempuannya.

Semoga emansipasi tidak mengesampingkan peran wanita sebagai figur seorang ibu, “sang pendidik” generasi.

**Pict berasal dari sini

42 komentarmu:

gajah_pesing said...

amin..
semoga emansipasi berjalan dengan semestinya

endar fitrianto said...

selamat hari kartini.. mari kita eman kaumnya maia estianty

wewarna said...

he eh menjadi ibu adalah tugas yang tidak ringan sama sekali

itempoeti said...

Apik tenaaaannn...
Jeruuuuu cocoteeee...

Bwahahahahaha...

Reza Fauzi said...

mantep deh ada selipannya :)

senoaji said...

kulikan kata2mu yoi banget kang! (worship)

Seno said...

Hong wilaheng awi genong mastu nomo sidem. Layar / kelir kehidupan dibuka.

Montro-montro wetan hanggendani kilen. Manusia membentuk block, blog yang pro pornografi dan yan anti pornografi.

Kilen-kilen kinayoman asto gonggo wiro tanu. Yang anti pornografi, yang berada dikiblat yang benar, akan terlindungi oleh 4 perkara.

Asto tegese tangan. Menggunakan kemampuannya untuk berkarya.

Gonggo tegese banyu.Mampu menjadi air yang menyejukkan.

Wiro tegese papan.
Mampu menahan diri dimanapun.

Dene tanu tegesipun tulis.Bisa memahami apa yang tertulis, wahyu abadi.

rampadan said...

Sumpah, aku bingung bacanya. Hehe.

mama hilda said...

belum ada ide untuk komeng kang...mau kapling dulu ah hehehe, udah pening kepala saya..mau komeng kalo belum baca kan ga asik..ga nyambong mode on hehehe

ciamismanis said...

wah keren buanget kang bonekanya......bisa dong mesen atu buat mainan...heheheh peace

suryaden said...

rawe-rawe rantas malang-malang putung, sadumuk bathuk senyari bumi, sopo ngganggu kluargaku ambar ndase...

mari kita jaga dari lingkungan kita sendiri sob...

Seno said...

Nyerah saya kang, g tau jawabannya. Udah searching digoogle juga g ada he.he... Emang apa kang kuda yg bikin panas?

galuharya said...

salut!!!!

apik tulisan mu kang
mugo2 bathara ismaya iso manjing ana salah sawijine manungso ing bumi pertiwi iki.

supoyo iso ndandani moral lan tindak tanduk manungsone

salam kartini

Linda Belle said...

mudah2an ya pak..

kalo aku sih gak akan melupakan kodrat sbg wanita yg nantinya klo dikasih kesempatan akan mjd ibu n istri yg baik hehe..

napa kok serapah semua disitu???

sepur said...

setuju banget kang.
bahwa wanita adalah tiang negara, seberapa hancur dan bobroknya moral wanita akan berpengaruh langsung pada kelangsungan sendi - sendi kehidupan bangsa, terutama kelangsungan generasi mendatang. semoga wanita indonesia sadar akan hal ini.

selamat Hari Kartini

sawali tuhusetya said...

selain harta dan tahta, konon wanita juga bisa menjadi problem peradaban. saya sepakat kalau maju muncurnya peradaban sebuah negeri akan sangat ditentukan oleh moralitas dan kualitas kaum perempuannya.

Cadink said...

Salam Kenal...

pingin ngeblog said...

@ gajah = yup kita doakan bersama cak.
@ endar = mari.. kang, emang kenal sama maia ?
@ mbak ami = I believe u mbak... 100%
@ kang item = cocote jeru? piye mangane? Bwakakaka....
@ Reza = Thx's dah datang semoga gak kapok utk dateng lagi.
@ Senoaji = Semprul... sing ngajari yo kowe ngunu lho... (worship)
@ Seno = Holoh..malah ndalang kiyeh..wakakak
@ Rampadan = ndodok mas.... cekelan tiang
@ mama hilda = sip mam..
@ kang Harry = yang bisa kentut ..apa yg gak...? wakakaka

LuxsMan Kumara said...

dulu KARTINI banyak NULIS, sekarang KARTII banyak NGOMONG.........

pingin ngeblog said...

@ mas Suryanden = yup setuju Harta..Keluaraga dan Lingkungan kita...
@ kang Seno = kagak bakalan ade di google atuh...hehehe..
@ galuharya = koq salam kartini..??
@ teh Linda = kalo yg di postingan mah bukan serapah atuh, cuma ibarat orang sedang menghela nafas...
@ sepur = semoga
@ pak Sawali = benar pak... semoga Wanita Indonesia menyadarinya.
@ Cadink = Salam kenal juga mas... th's dah sudi mampir..

pingin ngeblog said...

@ LuxsMan = apa emang gitu ya Man..?? hheehehe...

♥ Neng Aia ♥ said...

hm.. wanita tak lepas perannya menjadi seorang ibu. semoga ibu² di seluruh dunia diberi rahmat oleh yang kuasa karena begitu besar pengorbanannya.

Andy MSE said...

"Semoga emansipasi tidak mengesampingkan peran wanita sebagai figur seorang ibu, “sang pendidik” generasi."
Sayangnya banyak ibu2 yang karena ingin "beremansipasi" malah menanggungkan kepada sesama perempuan misalnya pembantunya, hehehe

J O N K said...

sembari membahas Hari kartini sekalian nembak-nembakin hehehe. keren bang :)

Bunda Jihan said...

postingan nya jangan campur ama bahasa jawa dong. indonesia pls.......btw sebenarnya di lubuk hati yang paling dalam ini gua nggak mau anak2 tumbuh besar bersama pembantu....hiks....hiks. malah kadang anak2 panggil gua "kakak" .......hu hu.....bunda love you baby...

gdenarayana said...

walah, boneka yang ini baru ra mudeng saya kang...hahahah

duh emang dimana ya nyari boneka india? :D

mama hilda said...

daleeem...duh jowo tulen, kaya nonton tayangan wayang kulit aja.

sisi buruk peradaban yang kadang luput dari perhatian. memang tonggak negara adalah perempuan..karena ditangannya sentuhan peradaban suatu negara akan teruji.
wes mari moco kang..sampe merem melek sambil ngantuk2

Pencerah said...

boneka indonesia ada gak ya?

Seno said...

Udah lama itu award tapi baru sempet ngerjain hee..he.. OL rika?

ifoell said...

Perempuan adalah tiang dari sebuah pondasi kehidupan.. jika tiangnya hancur, niscaya, hancur segala-galanya...
Bravo Perempuan Indonesia.. Maju terus pantang mundur...

gdenarayana said...

permisi malming cari boneka india nganggur...ada ga yah :D

annosmile said...

wah..minta bonekanya kang

meylya said...

bingung ne mo komen pa

Tukang Nggunem said...

Blaikkk..!!!!!! lha kok nemu dalang nang kene...

kocap kacarito kurang kecap tambahi mrico....

Selamat hari kartini, meski telat....

suwung said...

semoga tak keluar jalur ajah

orangndut said...

Selamat hari Kartini. Semoga emansipasi wanita membuat wanita Indonesia menjadi lebih maju dari sebelumnya.

dede said...

priwe kabare kang lawas tenan kiye!

mbeke njujug na getuk ngaring intanici..

Cak Win said...

Amin :)

Bawor said...

Huehehehe, wadonan siki pancen aduhai.... maraih ngadeg!!

CSDW said...

Nggak mo kejatuhan duren? Ngapusi :D Sinio takasih buanyak pak :D

WANDI said...

Sip, tak nambh komeng, soale aku jan trauma kok pak nek kon komeng neng BS :D

along2481 said...

ada paan seh ko pada ribut....

Post a Comment

Yuk jadikan komentar sbg sarana untuk saling menyapa.