15 March 2012

Bangsa Paling Bahagia?

 
Sebuah survei yang dilansir The Economist menunjukkan bahwa orang Indonesia paling bahagia dibandingkan masyarakat di negara lain saat krisis ekonomi melanda sebagian besar negara di dunia. 
Hasil survei dilakukan oleh sebuah lembaga riset Ipsos Global yang diterbitkan awal Februari lalu menitikberatkan pada kategori "bahagia" dan "sangat bahagia." Melibatkan 18.687 responden dewasa dari 24 negara dunia, Indonesia masuk dalam posisi teratas dalam kategori negara yang sangat berbahagia. 
 
Pertanyaannya, benar-benarkah hasil survey tersebut mewakili perasaan orang Indonesia yang sebenarnya? Berbagai tanggapan muncul ke permukaan, ada yang mencurigai hal tersebut adalah upaya dari rezim yang berkuasa untuk melakukan pencitraan, ada yang mencemooh karena tidak percaya, dan banyak juga yang bersyukur karena bangga ternyata bangsa Indonesia adalah bangsa yang paling bahagia sedunia.


Apa pun tanggapan yang muncul, untuk mengetahui akurat tidaknya hasil survey tersebut kita bisa mencoba menelaah pola pikir bangsa kita. Kita toh sama-sama mengetahui dan merasakan apa-apa yang terjadi di negeri ini. Bencana alam, masalah perburuhan, keterbatasan lapangan kerja, layanan masyarakat yang tidak memenuhi kelayakan, gap kaya - miskin yang semakin lebar, ditambah iklim politik yang semakin hari semakin berhiaskan aroma KKN, dekadensi moral, dan lain-lain. Namun ketika diadakan survey lha koq ternyata hasilnya tak terduga sama sekali! Bangsa Indonesia adalah “Bangsa yang paling Berbahagia Sedunia”.
Gila..!! Ini ngolok-olok atau menghina??!!
Ada apa gerangan dengan bangsa ini, atau jawaban responden atas pertanyaan-pertanyaan survey itu bohong-bohongan saja? Jadi, seperti melakukan kebohongan berjamaah gitu?!! Nggak masuk akal khan? Lantas apa sebenarnya yang ada dalam benak bangsa Indonesia ini?


Tapi nanti dulu, bukankah "BAHAGIA" itu ukurannya bukan harta saja khan? 
Dan di dalam bangsa ini punya yang dinamakan sikap “nerimo” yang berarti pasrah. Pasrah seperti apa? Pasrah ketika berhadapan dengan kuasa alam atau sesuatu peristiwa yang sifatnya makro dan diluar jangkauannya. Pasrah seperti ini salah satunya adalah tersirat dalam ujar-ujar berikut ini :

“Sepira gedening sengsara yen TINAMPA hamung dadi pancoba.”


Terjemahan bebasnya : "Kesengsaraan tidak akan menjadi berat jika DITERIMA hanya sebagai sebuah cobaan"

Catatan ini sengaja saya tulis selain untuk mencoba mengurai kegalauan saya akan hasil survey yang “seperti mengolok-olok” itu, juga sebagai jawaban dari pertanyaan seorang kawan, ketika menyaksikan begitu banyak bencana bertubi-tubi menghantam sendi-sendi kehidupan bangsa kita ini, kawan saya itu bertanya, “ Bencana-bencana ini sebetulnya PERINGATAN, COBAAN atau HUKUMAN bagi bangsa kita?”

Tentu saja tidak ada yang mampu menjawab secara pasti jika yang ditanyakan adalah tujuan diadakannya bencana-bencana itu oleh Yang Maha Menciptakan. Manusia hanya bisa meruntut pengetahuan tentang bencana dari kronologi-kronologi dan sebab-sebab alamiah yang mengarahkan atau menjadi sebab terjadinya bencana tersebut. Namun jika ternyata ada suatu “Super Kehendak” dibalik bencana itu, tentunya hanya Yang Maha Berkehendak yang mengetahuinya.

Back to topic..!
Dalam mengarungi hidup ini kita semua pasti pernah tertimpa suatu musibah, kemalangan atau kesengsaraan, apa pun bentuknya, dan setiap orang juga berbeda-beda cara menerimanya / mensikapi / memandang sebuah musibah yang menimpa dirinya. Bencana atau Kemalangannya tetap terjadi seperti apa adanya, namun dengan menganggapnya sebagai suatu cobaan hidup, maka si manusia itu tidak terjebak ke dalam perasaan pesimistis yang berlebihan. Hal tersebut tentunya menciptakan suasana perasaan yang tidak terlalu kecewa dan terpuruk. “Aah... itu semua hanya cobaan untuk kita, mari kita perbaiki hal-hal yang salah dimasa lalu”. Sikap pasrah seperti ini dapat meringankan tekanan perasaaan (depresi) akibat dari suatu bencana atau musibah, bahkan di dalamnya terkandung sikap-sikap optimistis untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan di masa lalu. 

Terlepas dari pro dan kontra dengan sikap pasrah seperti itu (karena ada juga yang bilang sikap seperti itulah yang membikin kita tidak maju-maju), ternyata sikap seperti itulah yang menjadi pegangan bangsa kita untuk menghadapi dan melewati krisis apa pun yang menimpa bangsa ini.

Akhirnya pola pikir kebanyakan masyarakat kita yang mengganggap Bencana atau musibah sebagai COBAAN hidup menjadi sangat erat kaitannya dengan hasil Survey tentang kebahagiaan itu, karena keduanya berkisar pada masalah PERASAAN semata! Bukan kuantitas materi yang menjadi parameternya. Contoh kasusnya adalah, ada orang yang secara materi kaya raya namun tidak bahagia, namun sebaliknya ada orang-orang yang secara materi tidak kaya namun mempunyai perasaan yang bahagia.
Sehingga bisa jadi karena sikap-sikap seperti itulah bangsa ini tidak gampang depresi, terus kalo seandainya ditanya "Anda bahagia atau tidak saat ini?"  walau pun mungkin secara materi serba kekurangan maka jawabnya "Bahagia" melulu.

Termasuk orang yang berbahagiakah anda saat ini? ( sorry ini edisi asal update, daripada kelamaan hibernasi )

39 komentarmu:

addiehf said...

saya termasuk orang indonesia yang paling berbahagia saat ini. pertamax, karena yang punya blog ini udah bangkit dari hibernasi, dan yang keduaxnya bahagia karena blog ini bisa apdet post lagi, ketigaxnya bisa nyeupam lagi di blog ini "ngeliat desc komen di atas", ke empatnya, bukan pertamax karena bensin mau naik bulan depan, dan akhirnya yang kelimax ditimpuk orang se-RW deh karena komeng oot inih #roflmao


#aselinya cuma pengen ngucapin "apa kabar om, lama kita tak bersua?" (ninja)

Xitalho.com said...

aku juga mo njawab "khabar baik, iya lama banget" (mdrcct)

endar said...

sorry ini juga edisi asal komen, dari pada lama tidak komen...
priwe kabare kang?

Training CSMS said...

korespondennya mgkn yang tinggal di luar indonesia kali tuh kang, jadi mereka ga ngerasain susahnya tinggal di indonesia

Fandi Adhitya said...

bahagia itu yang merdeka dan sejahtera

pulsa online said...

indonesia memang bangsa yang luar biasa

toko komputer said...

bahagia itu ga bisa di ukur dari materi dan kedudukan tapi dari perasaan..

sidik said...

ada pepatah kata adalah sebagian dari doa,moga za kata bahagia dan sangat bahagia itu satu saat di alami oleh seluruh lapisan masyarakat khususnya indonesia raya,khusnudzon za moga indonesia terus maju menuju kesejahtraan,,amiin

promo kartu member said...

seneng banget ya kalo kayak gini psti bahagianya

cecep cabanas said...

ijin nyimak gan,informasi yang berharga nih, perllu ditindak lanjuti…..makasih

Ace Maxs said...

artikel yang sangat apik , saya harus belajar banyak ke anda, bisa kah anda mengunjungi blog saya untuk belajar lebih lanjut ??

Pengobatan Herbal Tiroid said...

bangsa yang bahagia ...

Obat Angin Duduk said...

lebih banyak tahu dengan membaca..

Obat Leher Bengkak said...

Great ! i like your post :-)

Obat Gangguan Sirkulasi Darah said...

info yg sangat menarik untuk di simak, ditunggu postingan berikutnya gan !

Obat Apendisitis said...

Sangat menarik untuk di simak kawan..

Cara Diet Sehat said...

Melalui website, mari kita tingkatkan kwalitas ilmu pengetahuan dan pendidikan Indonesia. dengan berita dan informasi yg akurat dan bermanfaat kita persembahkan untuk masyarakat..

Obat Penghilang Lemak said...

terimakasih banyak atas informasi yang di sajikan

Obat Diet Alami said...

terimakasih banyak atas informasi yang telah di sajikan

Obat Kanker Adrenal said...

sajian informasi yang sangat berkelas dan layak di publikasikan..

Obat Pembersih Usus said...

sajian informasi yang sangat berkelas dan layak di publikasikan.

Obat Batuk Tradisional said...

terimakasih atas artikelnya

obat tradisional aterosklerosis said...

terimakasih atas berbagi informasinya

Obat Peningkat Daya Ingat said...

terimakasih atas berbagi informasinya

Suplemen Untuk Mata said...

Terimakasih atas Informasinya

Obat Penyempitan Pembuluh Darah Di Kepala said...

Thank you for sharing it in an easy to read and understandable format

Jual Obat Diet Dengan Cepat Dan Aman said...

sajian informasi yang sangat berkelas dan layak di publikasikan.

Obat Menurunkan Kolesterol Dalm Tubuh said...

Informasi yang sangat menarik,sukses ya untuk website nya

Obat Herbal Infeksi Paru Paru said...

artikel yang menarik , dan menambah wawasan untuk kita semua

Obat obatan tradisional said...

thank's for share, great post..

obat serangan jantung said...

postingannya keren2 gan.. ditunggu postingan yang barunya.

Agen jelly gamat gold-g said...

artikel yang menarik dan inspiratif,semoga bermanfaat

Obat Maag Kronis said...

Thanks you so much for information, nice.

Obat Pencuci Usus said...

Artikel yang disampaikan ini sangat menarik dan inspiratif semoga dapat memberi inspirasi pula bagi semua pembaca yang lainnya, semoga sukses.

Obat agar tidak kurus said...

Bismilah semoga berkah, semoga artikel yang sangat inspiratif ini dapat bermanfaat bagi sahabat pembaca yang lainnya.

Suplemen Pembakar Lemak said...

Semoga apa yang diusahakan kita selama ini dapat membuahkan hasil yang memuaskan, terimakasih sudah berbagi, semoga sukses dan salam sehat selalu bagi kita semua.

Obat penambah tinggi badan said...

The information in this article that you convey very useful and very helpful, may be useful also for all the other readers, amen ya Allah. Semoag success always.

Minyak Ikan Untuk Ibu Hamil said...

I think this is one of the most important information for me. And i’m happy reading your article. However wantto statement on some common things, The site taste is wonderful, the articles is in reality nice.

Obat Pelangsing Badan said...

Nice post. I learn something totally new and challenging on blogs I stumbleupon everyday.It will always be exciting to read content from other writers and practice a little something from their websites

Post a Comment

Yuk jadikan komentar sbg sarana untuk saling menyapa.