08 December 2009

FACEBOOK LOGIN DAN GOOGLE SEARCH ENGINE


Mohon maaf jika di blog saya ini ada perubahan tema tulisan, akhir-akhir ini saya sedang seneng mengamati perilaku manusia, terutama di internet! Hahaha.. unik! kadang-kadang bikin kita tersenyum.

Tanpa sengaja saya menemukan satu fenomena unik dari perilaku orang dalam mengakses halaman web. Seperti yang saya sinyalir di postingan saya sebelum ini ( Perbedaan Google.com dengan Google.co.id ) bahwa para pemakai internet saat ini memang dimanja dan sudah sangat tergantung ( lebih tepatnya menggantungkan diri ) kepada Google Search Engine. Pengguna internet sepertinya lebih nyaman kalo mengakses halaman tertentu yang ingin ditujunya dari mesin pencari Google, daripada mengingat alamat dan mengetiknya sendiri pada Address Bar, atau bahkan membuat Bookmarknya. Mungkin dirasakan lebih simple, tanpa harus bertele-tele, tinggal masukkan penggalan keywordnya di Google maka sekian ribu bahkan juta tautan (link) terhampar di layar monitor. Tinggal pilih salah satu yang cocok dan klik… lajulah ke tujuan!
Kalo saya sendiri, lebih seneng pake bookmark atau pakai cache yang terekam oleh aplikasi browser kita untuk menuju situs yang sering kita akses.. alias one click langsung bablas ke tujuan! Kalo pake Google Search Engine dulu khan berarti harus melakukan dua langkah (klik).

So, apa hubungannya antara Google dengan Facebook Login? Menurut pengamatan saya, ternyata orang lebih suka mengakses halaman untuk login ke Facebook itu dengan mengetikkan kata FACEBOOK LOGIN di Google Search Engine! Aneh khan? Kenapa tidak dibookmark saja? Atau kalau komputernya milik sendiri (yang tidak diinstal aplikasi semacam Deep Freeze) pada Address Bar selalu ditampilkan rekaman halaman yang sering diakses, yang ketika diklik panah drop downnya akan memunculkan list halaman-halaman yang sering diakses?



Atau kalo di warnet umpamanya, bukankah lebih cepat dengan mengetik kata “facebook” lalu pencet Ctrl+Enter? Hahahaha…. Tapi itulah manusia, macam-macam selera dan pola pikirnya.

Buktinya ketika saya mencoba mengamati keywordfacebook” di Google Insight, baik international maupun nasional, menurut om-om Google pasangannya yang paling banyak dicari dalam seminggu ini adalah keyword “login”


Trend pencarian dengan keyword "facebook login" di kawasan Indonesia


Trend pencarian dengan keyword "facebook login" secara global.


Trend harian pencarian dengan keyword "facebook login" juga ampuh jumlahnya!

Artinya banyak orang suka ngetik di form pencarian Google dari pada langsung di Address bar. Dalam hal ini mungkin pihak Google harus berterima kasih kepada pihak pengembang browser Mozilla Firefox yang telah menempatkan Pencarian Google sebagai halaman pembuka browser tersebut, sehingga para penikmat Firefox seakan mendapatkan one stop services, alias gak nengok Search Engine Yahoo atau Bing yang lain dan gak perlu ngetik di address bar lagi..hahahaha...!

Pertanyaannya, kawan-kawan menggunakan cara apakah untuk mengakses halaman login ke Facebook?


14 komentarmu:

marsudiyanto said...

Kalau saya pastinya lewat link yg sudah saya siapkan di blog, karena sebelum ke mana2, saya pasti buka blog lebih dulu.

Knapa?
Karena alamat blog saya sudah saya pasang sebagai url utama di Firefox.

Masuk google juga dari blog saya juga...

galuharya said...

saya menggunakan cara kuno mas,

nyalain laptop pinjeman trus masuk ke halaman utama facebook lalu...nyalain sebatang rokok dan segera masukin email dan password dan akhirnya

update status.....

pakne galuh said...

aku yo hampir mirip dengan nduwurku kang :)

bedane aku ra nyumet udud :)

Jidat said...

Welwh setuju ma pak mars... itung itung nambah trafik blog ndiri? he

HB Seven said...

ideeem.....pesbukan sambil rokokan .......

andi said...

facebooker :D

Erik said...

Kalo saya masuk melalui adrressbarnya. Kemudian memasukkan login dan passwornya

ami said...

pake igoogle kang, lengkap itu

rudis said...

google memang masih eksi kang

itempoeti said...

tergantung sing dinunuti Kang...
hlaa wong jenenge wae nunut...
hehehehe...

Pakde Cholik said...

Saya masih menggunakan cara masuk google,kecuali yang sudah saya blogroll. Di boomark sudah setumpuk sehingga puyeng carinya. Harusnya di manage lagi.
Terima kasih tipnya mas
Salam hangat dari Surabaya

Blogex said...

Memang ada perbedaan antara keduanya.
Mas saya menyarankan di sidebar dibuat widget "Recent Posts" atau Artikel Terkini agar kami mudah mencari artikel2nya.
Terima kasih
Salam hangat dari Surabaya.

Kang Sugeng said...

hehee... fenomena yg sama seprti yg Saya lakukan, memulai akses url dari search engine

promo member alfamart minimarket lokal terbaik indonesia said...

luar biasa juga yah si Google ini :)

Post a Comment

Yuk jadikan komentar sbg sarana untuk saling menyapa.