22 November 2008

Jika WindosXP males Shutdown ( lelet, lemot )

Beberapa waktu yang lalu ada kawan yang dengan suka rela menyerahkan laptop P-III merk Dell yang katanya mati, untuk saya perbaiki (heran juga saya.., koq yakin banget dia menyerahkan perbaikan sama saya..he..he ).Ternyata laptopnya ‘mati suri’ sebab saat booting laptop jadul itu ternyata hidup dengan normal, cuma gak masuk ke Windows, gak ada operating systemnya ..lho??
Periksa hardisknya.. masih ada barang itu!! Restart lagi aja, … trus masuk ke aplikasi BIOSnya, ternyata si hardisk gak ke detect. Selidik punya selidik ternyata hardisknya yg ko’it.. Ya udah saya sarankan ke teman saya untuk cari hardisk sendiri. “Okeh…gua beliin” katanya.
Singkat cerita hardisk dapat, install OS (Operating System) sudah, aplikasi-aplikasi yang lain sudah…. Kirain dah beres, ternyata beberapa hari kemudian teman saya komplain lagi. “Bos koq shutdown-nya lama banget?” katanya, kami suka manggil satu sama lain dengan panggilan "BOS". Masak sih? Saya test ternyata betul… he..he.., pantas dia panic!
Untuk mengatasi masalah ini, saya perlu masuk ke aplikasi Registry Editor , caranya :

  • Klik Start > Run, ketik regedit

  • Setelah Registry Editor tampil, klik dua kali HKEY_LOCAL_MACHINE, klik lagi (+)SYSTEM, kemudian klik lagi (+) Controlset001, dan pilih Control.

  • Pada jendela sebelah kanan, klik kanan pada WaitToKillServiceTimeOut, pilih Modify, ubah angka 20000 menjadi 2000.



  • Kalo udah tekan OK, tutup Registry Editor. Beres..!


  • Waktu saya test untuk shutdown lagi, ternyata sudah maknyuuus….mampus dengan gegas Windowsnya.
    Kalo ada yang punya problem serupa, silahkan dicoba cara di atas. Daripada jengkel nunggu Windows anda ngeyel gak mau shutdown dengan cepat.

    2 komentarmu:

    superdedys said...

    boleh juga untuk dicoba

    barajakom said...

    makasi infonya mas

    Post a Comment

    Yuk jadikan komentar sbg sarana untuk saling menyapa.